Skip to main content

Parenting




PARENTING

Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orangtua dan anak-anak mereka yang meliputi akativitas-aktivitas sebagai berikut : memberi makan, memberi petunjuk, melindungi, anak-anak mereka ketika tumbuh berkembang.
Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi kelurga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan, harus benar-benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga PAUD. Oleh karena itu melallui program parenting sebagai wadah komunikassi antar orangtua, disamping itu memberikan sosialisasi terhadap program-program yang dilaksanakan oleh lembaga PAUD, secara umum tujuan parenting adalah mengajak para orangtua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka, sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah mengajak para orangtua untuk memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka, sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah sebagai berikut :
Meningkatkan pengethuan dan keterampilan orangtua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak didalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik
Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna menyinkoronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan dilembaga PAUD dapat ditinjaklanjuti dilingkungan keluarga.
Menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah.

Tahapan pembentukan program parenting antara lain sebagai berikut :

Melakukan identifikasi kebutuhan orangtua
Membentuk kepanitiaan parenting yang melibatkan komite sekolah
Membuat job deskripsi masing-masing bagian
Menyusun program
Menyusun jadwal kegiatan
Mengidentifikasi potensi dan mitra pendukung
Melaksanakan program sesuaidengan agenda
Melakukan evaluasi dan kesepakan bersama

Jenis-jenis program parenting yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan lembaga PAUD adalah sebagai berikut :

Parents gathering
Parents gathering adalah pertemuan orangtua dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh panitia program parenting guna membicarakan tentang program lembaga dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak. Materi pertemuan dapat berupa kebutuhan tentang tumbuh kembang anak. Misalnya : tentang gizi makanan, tentang kesehatan, tentang pendidikan karakter.
Foundation class
Foundation class adalah pembelajaran bersama anak dengan orangtua diawal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan disekolah. Dilaksanakn pada awal pecan pertama anak masuk sekolah pada tahun ajaran baru.
Seminar
Seminar adalah kegiatan dalam rangka program parenting, yan dapat dilaksanakn dalam bentuk kegiatan seminar. Misalnya dengan menundang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, psikolog, dll.
Hari konsultasi
Hari konsultasi adalah hari untuk orangtua yang dapat disediakan atau dibuka oleh lembaga PAUD. Jumlah hari disesuaikan dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.
Field trip
Fiel trip adalah darmawisata, kunjungan wisata, atau kunjungan ke tempat-tempat yang menunjang kegiatan pembelajaran PAUD. Misalnya : ke museum, pelabuhan dll.
Home activities
Home activities adalah aktivitas dirumah dibawa ke sekolahyaitu membawa orantua menginap disekolah.
Cooking on the spot
Cooking on the spot adalah anak-anak memasak, menyajikan makanan dengan bimbingan guru atau bersama dengan orangtua.
Bazar day
Bazar day adalah menyelenggarakan bazar di lembaga PAUD. Anak-anak menampilkan karyanya untuk dijual kepada orangtua atau umum.
Mini zoo
Mini zoo adalah menyeleggarakan kebun binatang mini di sekolah, yaitu anak-anak membawa binatang kesanyangan atau binatang peliharaan dari rumah ke lembaga PAUD.
Home education video
Home education video adalah mengirimkan kegiatan pembelajaran anak anak dilembaga pada orangtua dalam keeping CD/DVD, agar dapat disaksikan dan dipelajari juga oleh orangtua dirumah.

Sumber bacaan : Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 60-64.

Comments

Popular posts from this blog

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.