PARENTING
Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orangtua dan anak-anak mereka yang meliputi akativitas-aktivitas sebagai berikut : memberi makan, memberi petunjuk, melindungi, anak-anak mereka ketika tumbuh berkembang.
Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi kelurga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan, harus benar-benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga PAUD. Oleh karena itu melallui program parenting sebagai wadah komunikassi antar orangtua, disamping itu memberikan sosialisasi terhadap program-program yang dilaksanakan oleh lembaga PAUD, secara umum tujuan parenting adalah mengajak para orangtua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka, sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah mengajak para orangtua untuk memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka, sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah sebagai berikut :
Meningkatkan pengethuan dan keterampilan orangtua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak didalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik
Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna menyinkoronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan dilembaga PAUD dapat ditinjaklanjuti dilingkungan keluarga.
Menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah.
Tahapan pembentukan program parenting antara lain sebagai berikut :
Melakukan identifikasi kebutuhan orangtua
Membentuk kepanitiaan parenting yang melibatkan komite sekolah
Membuat job deskripsi masing-masing bagian
Menyusun program
Menyusun jadwal kegiatan
Mengidentifikasi potensi dan mitra pendukung
Melaksanakan program sesuaidengan agenda
Melakukan evaluasi dan kesepakan bersama
Jenis-jenis program parenting yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan lembaga PAUD adalah sebagai berikut :
Parents gathering
Parents gathering adalah pertemuan orangtua dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh panitia program parenting guna membicarakan tentang program lembaga dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak. Materi pertemuan dapat berupa kebutuhan tentang tumbuh kembang anak. Misalnya : tentang gizi makanan, tentang kesehatan, tentang pendidikan karakter.
Foundation class
Foundation class adalah pembelajaran bersama anak dengan orangtua diawal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan disekolah. Dilaksanakn pada awal pecan pertama anak masuk sekolah pada tahun ajaran baru.
Seminar
Seminar adalah kegiatan dalam rangka program parenting, yan dapat dilaksanakn dalam bentuk kegiatan seminar. Misalnya dengan menundang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, psikolog, dll.
Hari konsultasi
Hari konsultasi adalah hari untuk orangtua yang dapat disediakan atau dibuka oleh lembaga PAUD. Jumlah hari disesuaikan dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.
Field trip
Fiel trip adalah darmawisata, kunjungan wisata, atau kunjungan ke tempat-tempat yang menunjang kegiatan pembelajaran PAUD. Misalnya : ke museum, pelabuhan dll.
Home activities
Home activities adalah aktivitas dirumah dibawa ke sekolahyaitu membawa orantua menginap disekolah.
Cooking on the spot
Cooking on the spot adalah anak-anak memasak, menyajikan makanan dengan bimbingan guru atau bersama dengan orangtua.
Bazar day
Bazar day adalah menyelenggarakan bazar di lembaga PAUD. Anak-anak menampilkan karyanya untuk dijual kepada orangtua atau umum.
Mini zoo
Mini zoo adalah menyeleggarakan kebun binatang mini di sekolah, yaitu anak-anak membawa binatang kesanyangan atau binatang peliharaan dari rumah ke lembaga PAUD.
Home education video
Home education video adalah mengirimkan kegiatan pembelajaran anak anak dilembaga pada orangtua dalam keeping CD/DVD, agar dapat disaksikan dan dipelajari juga oleh orangtua dirumah.
Sumber bacaan : Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 60-64.
Parenting adalah upaya pendidikan yang dilaksanakan oleh keluarga dan lingkungan yang berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Parenting sebagai proses interaksi berkelanjutan antara orangtua dan anak-anak mereka yang meliputi akativitas-aktivitas sebagai berikut : memberi makan, memberi petunjuk, melindungi, anak-anak mereka ketika tumbuh berkembang.
Keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat yang terbentuk atas dasar komitmen untuk mewujudkan fungsi kelurga khususnya fungsi sosial dan fungsi pendidikan, harus benar-benar dioptimalkan sebagai mitra lembaga PAUD. Oleh karena itu melallui program parenting sebagai wadah komunikassi antar orangtua, disamping itu memberikan sosialisasi terhadap program-program yang dilaksanakan oleh lembaga PAUD, secara umum tujuan parenting adalah mengajak para orangtua untuk bersama-sama memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka, sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah mengajak para orangtua untuk memberikan yang terbaik buat anak-anak mereka, sedangkan secara khusus tujuan pengembangan program parenting adalah sebagai berikut :
Meningkatkan pengethuan dan keterampilan orangtua dalam melaksanakan perawatan, pengasuhan dan pendidikan anak didalam keluarga sendiri dengan landasan dasar-dasar karakter yang baik
Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan pihak sekolah guna menyinkoronkan keduanya sehingga pendidikan karakter yang dikembangkan dilembaga PAUD dapat ditinjaklanjuti dilingkungan keluarga.
Menghubungkan antara program sekolah dengan program rumah.
Tahapan pembentukan program parenting antara lain sebagai berikut :
Melakukan identifikasi kebutuhan orangtua
Membentuk kepanitiaan parenting yang melibatkan komite sekolah
Membuat job deskripsi masing-masing bagian
Menyusun program
Menyusun jadwal kegiatan
Mengidentifikasi potensi dan mitra pendukung
Melaksanakan program sesuaidengan agenda
Melakukan evaluasi dan kesepakan bersama
Jenis-jenis program parenting yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan lembaga PAUD adalah sebagai berikut :
Parents gathering
Parents gathering adalah pertemuan orangtua dengan pihak lembaga PAUD yang difasilitasi oleh panitia program parenting guna membicarakan tentang program lembaga dalam hubungannya dengan bimbingan dan pengasuhan anak. Materi pertemuan dapat berupa kebutuhan tentang tumbuh kembang anak. Misalnya : tentang gizi makanan, tentang kesehatan, tentang pendidikan karakter.
Foundation class
Foundation class adalah pembelajaran bersama anak dengan orangtua diawal masuk sekolah dalam rangka orientasi dan pengenalan kegiatan disekolah. Dilaksanakn pada awal pecan pertama anak masuk sekolah pada tahun ajaran baru.
Seminar
Seminar adalah kegiatan dalam rangka program parenting, yan dapat dilaksanakn dalam bentuk kegiatan seminar. Misalnya dengan menundang tokoh atau praktisi PAUD yang kompeten, pakar dongeng, psikolog, dll.
Hari konsultasi
Hari konsultasi adalah hari untuk orangtua yang dapat disediakan atau dibuka oleh lembaga PAUD. Jumlah hari disesuaikan dengan tinggi rendahnya kasus atau jumlah orang tua yang melakukan konsultasi.
Field trip
Fiel trip adalah darmawisata, kunjungan wisata, atau kunjungan ke tempat-tempat yang menunjang kegiatan pembelajaran PAUD. Misalnya : ke museum, pelabuhan dll.
Home activities
Home activities adalah aktivitas dirumah dibawa ke sekolahyaitu membawa orantua menginap disekolah.
Cooking on the spot
Cooking on the spot adalah anak-anak memasak, menyajikan makanan dengan bimbingan guru atau bersama dengan orangtua.
Bazar day
Bazar day adalah menyelenggarakan bazar di lembaga PAUD. Anak-anak menampilkan karyanya untuk dijual kepada orangtua atau umum.
Mini zoo
Mini zoo adalah menyeleggarakan kebun binatang mini di sekolah, yaitu anak-anak membawa binatang kesanyangan atau binatang peliharaan dari rumah ke lembaga PAUD.
Home education video
Home education video adalah mengirimkan kegiatan pembelajaran anak anak dilembaga pada orangtua dalam keeping CD/DVD, agar dapat disaksikan dan dipelajari juga oleh orangtua dirumah.
Sumber bacaan : Helmawati. 2015. Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Halaman 60-64.
Comments