Skip to main content

Alat Musik ( tugas MK studio seni musik)

Membanofon yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari kulit atau sekat yang dibentangkan. Seperti :
Entebong

Alat musik Entebong ini bentuknya seperti gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik satu ini terdapat di Kabupaten Sekadau yang dibuat oleh suku Dayak Mualang.
Kerenceng Tarbangan (lampung)
Kerenceng atau terbangan ini adalah alat musik yang dibuat dari kulit kambing dan kayu. Dan juga dibuat dengan rotan yang digunakan untuk meregangkan kulit kambing tersebut agar suaranya lebih keras.
Ketipung (Kalimantan timur)

Ketipung memiliki dua sisi tabuh, di sisi kiri dan kanan. Menariknya, alat musik ini bisa dimainkan sendiri atau oleh dua orang sekaligus. Kedua sisi tabuhan itu dibuat dari kulit kambing atau kulit sapi yang sudah ditipiskan.
etika dipukul, suara yang dihasilkan akan bulat karena rangkanya dibuat dari kayu yang dibubut dan diberi lubang di tengahnya dengan diameter antara 20cm hingga 40 cm. Uniknya, jika dimainkan oleh orang yang berbeda, maka nuansa yang timbul juga akan berbeda.
Saat ini, ketipung banyak dihasilkan di Jepara dan Blitar. Alat musik ini akan menghasilkan musik keroncong, dangdut, ataupun melayu jika dikombinasikan dengan alat musik gamelan lainnya.
Rapai (Aceh)

Alat musik tradisional Rapai merupakan alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul. Menurut Z.H Idris, alat musik Rapai ini berasal dari Bahdad (irak), dan dibawa ke Aceh oleh seorang penyiar agama Islam bernama Syeh Rapi.
Rebana sike (Jambi)

Rebana sike hampir sama seperti rebana pada umumnya. Yaitu alat musik pukul yang terbuat dari kayu dan kulit. Dimainkan dengan cara memukul bagian kulit yang diregangkan di kayu yang berbentuk bundaran.

Koordofom yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar yang di bentangkan. Seperti :
Sampek  (dayak )
Sampek (sampe/sapek) adalah alat musik yang bentuknya menyerupai gitar berasal dari daerah kalimantan. Alat musik ini terbuat dari bahan kayu yang di penuhi dengan ornamen/ukiran yang indah. Alat musik petik lainnya yang bentuknya menyerupai sampek adalah Hapetan daerah Tapanuli, Jungga dari daerah Sulawesi Selatan.
Arababu (Maluku)

Arababu adalah alat musik jenis rebab yang terbuat dari bambu, wadah gemanya terbuat dari kayu atau tempurung






Panting

Pada awalnya musik Panting berasal dari daerah Tapin, Kalimantan Selatan. Panting merupakan alat musik yang dipetik yang berbentuk seperti gambus Arab tetapi ukurannya lebih kecil. Pada waktu dulu musik panting hanya dimainkan secara perorangan atau secara solo. Karena semakin majunya perkembangan zaman dan musik Panting akan lebih menarik jika dimainkan dengan beberapa alat musik lainnya, maka musik panting sekarang ini dimainkan dengan alat-alat musik seperti babun, gong,dan biola dan pemainnya juga terdiri dari beberapa orang
Idiokardo (Maluku)

Idiokardo adalah alat musik yang seperti siter berdawai tiga dengan cara di petik.Alat musik ini disebut juga Tatabuhan.
Tehyan

Tehyan adalah alat musik yang berasal dari peninggalan orang China, kemudian di pelajari oleh banyak pemuda Betawi. Tehyan terbuat dari kayu, cara memainkannya hampir sama dengan memainkan biola dengan cara menggesek. Tetapi bedanya adalah jika biola di gesek sesuai nada, tehyan digesek sesuai dengan perasaan orang yang memainkannya. Pada jaman dulu tehyan dimainkan sebagai penyambutan tamu. Tetapi sekarang, tehyan sudah jarang di temui tetapi kadang kita juga dapat mendengar dan menemui suara tehyan saat ada penjual makanan ringan yang dinamakan arbanat melewati di lingkungan kita.
Idiofon yaitu jenis alat music yang bersal dari alat itu sendiri. Seperti :
Kolintang (minahasa, Sulawesi utara)
Kolintang atau kulintang berasal dari daerah Minahasa/ Sulawesi Utara. Kolintang mempunyai tangga nada diatonis/diatonic yang semua instrumennya terdiri dari bas, melodis dan ritmis. Bahan dasar untuk membuat kulintang adalah kayu. Cara untuk memainkan alat musik ini di pukul dengan menggunakan stik.

Arumba
Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musik yang terbuat dari bhan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pada awalnya arumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannya menggunakan tangga nada diatonis.
Kepyak
Kepyak adalah insturmen gamelan jawa yang berbentuk lempengan-lempengan logam segi empat kecil yang biasanya dipergunakan dalam pertunjukan wayang kulit. Biasanya membunyikannya dengan telapak kaki dalang.

Pangora
Kalo di Jawa kita mengenal alat musik Gong, dengan bentuk yang relatif sama di Sumatera Utara alat musik semacam itu disebut dengan alat musik Pangora. Namun beda daerah beda pula ciri khasnya. Di Sumatera Utara, alat musik pangora ini berbunyi "pok". Hal ini disebabkan karena alat musik pangora ini dipukul dengan menggunakan stik dan bagian pinggiran pangora diredam dengan pegangan tangan. Pangora ini adalah jenis gong yang paling besar dengan diameter sekitar 37 cm dan ketebalan sekitar 6 cm.

 Kethuk Kempyang (jawa)
Dua instrumen jenis gong berposisi horisontal ditumpangkan pada tali yang ditegangkan pada bingkai kayu. Kethuk - kempyang memberi aksen-aksen alur lagu gendhing menjadi kalimat kalimat yang pendek.
Pada gaya tabuhan cepat lancaran, sampak, srepegan, dan ayak ayakan, kethuk ditabuh di antara ketukan ketukan balungan, menghasilkan pola-pola jalin-menjalin yang cepat.



Aerofon yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udarah yang ditiupkan.
Bensi (minangkabau)

Bansi Bentuknya Pendek dan memiliki 7 lubang dan dapat memainkan lagu-lagu tradisional maupun modern karena memiliki nada standar. Dibandingkan dengan alat musik tiup lainnya, yang ditemukan di daerah Sumatera Barat, Bansi memiliki nada yang lebih lengkap. Hal ini dapat terjadi karena Bansi mempunyai jumlah lobang nada yang lebih banyak, yaitu 7 buah. Dengan demikian, Bansi dapat menyanyikan lagu-lagu baik yang bersifat tradisional maupun modern. Dilihat dari segi bentuknya, Bansi berukuran lebih pendek daripada Saluang. Panjangnya lebih kurang 33,5 – 36 cm dengan garis tengah antara 2,5—3 cm. Bansi juga terbuat dari talang (bambu tipis) atau sariak (sejenis bambu kecil yang tipis).
Pupuik Tanduak (minangkabau)
Terbuat dari tanduk kerbau yang dibersihkan. Bagian ujungnya dipotong rata dan berfungsi sebagai tempat meniup. Bentuknya mengkilat dan hitam bersih. Fungsinya lebih pada alat komunikasi. Tidak berfungsi sebagai alat pengiring nyanyi atau tari. Dahulu digunakan untuk aba-aba pada masyarakat misalnya pemberitahuan saat subuh dan magrib atau ada pengumuman dari pemuka kampung.
Serangko (jambi)
Serangko adalah sejenis alat musik tiup yang terbuat dari tanduk kerbau yang panjangnya mencapai 1 meter sampai 1,5 meter. Di zaman dulu alat musik Serangko ini digunakan oleh komandan perang untuk memberikan komando. Selain itu juga digunakan untuk pemberitahuan ketika ada musibah kematian.
Doli-doli
Doli-doli adalah alat musik dari Sumatera Utara yang terbuat dari 4 bilah kayu yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik tradisional Sumatera Utara jenis ini banyak dijumpai di daerah Nias.

Druni dana
Druni dana juga berasal dari pulau Nias Sumatra utara. Kalau Doli-doli terbuat dari kayu, Druni Dana ini terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sampai hampir menyerupai garpu tala.








Elektrofon adalah jenis alat musik yang dimainkan menggunakan sumber arus listrik.

Gitar listrik
Gitar listrik merupakan jenis gitar yang menggunakan beberapa pickup untuk merubah bunyi atau getaran dari string gitar menjadi arus listrik yang akan dikuatkan kembali dengan menggunakan seperangkat amplifier dan loud speaker. Suara gitar listrik dihasilkan dari getaran senar gitar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar yang biasa disebut "pick up". Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb maupun distorsi.

Gitar bass

Gitar bass merupakan alat musik dawai yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Penampilannya mirip dengan gitar listrik  tetapi bass memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan biasanya memiliki empat senar dibandingkan dengan gitar yang memiliki enam senar.
Bobot dari biasanya lebih berat daripada gitar listrik, karena senarnya yang lebih tebal (untuk menjaga kerendahan nada/bunyi) sehingga menyebabkan harus memilih kayu yang lebih padat dan keras untuk menyeimbangi tekanan pada  leher gitar.Selain itu ukuran fret (kolom pada gitar) yang lebih besar yang disesuaikan dengan panjang senar.







piano

Piano merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan, bentuk dan fungsi piano kurang lebih seperti keyboard. Namun, ukuran piano lebih besar dari pada keyboard, dan piano lebih banyak tuts-nya dari pada keyboard, sedangkan keyboard cuma terdiri dari 5 tuts saja, atau ada juga keyboard yang lebih dari 5 tuts, itupun keyboard tertentu saja.
Adapun sebutan bagi pemain piano yaitu Pianis,piano juga merupakan alat musik yang bisa dikategorikan sebagai bagian dari furnitur yang indah. Karenanya alat musik ini membutuhkan perawatan yang baik dari pemiliknya.
Keyboar

eyboard berasal dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan.Keybord merupakan alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada sebuah bidang yang mirip papan (board).
Keyboard memiliki ciri-ciri,diantaranya:
- Umumnya memiliki tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
- Pengoperasiannya harus menggunakan listrik.
- Memiliki berbagai macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
- Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam dan lain-lain.

Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.
Sitar

Sitar (Urdu/Persia: سه‌تار ṣītār, adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari Asia Selatan. Alat musik klasik Hindustan yang menggunakan dawai/senar. Alat musik ini menggunakan dawai simpatetik bersama dengan dawai biasa dan ruang resonansi menggunakan gourd (sejenis buah-buahan yang dikeringkan dan berongga di dalamnya) sehingga menghasilkan suara yang unik. Sitar merupakan alat musik yang sering digunakan dalam seni musik klasik hindustan sejak Zaman Pertengahan.




TUGAS INDIVIDU

JENIS  ALAT MUSIK
( Dosen : Arifin Manggau S.Pd, M.Pd )










DISUSUN OLEH :

MUFTIHATUR RAHMAH (1349041012)





PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2016


Comments

Popular posts from this blog

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.