Skip to main content

TOKOH PAUD





NO
NAMA
RANGKUMAN PENCAPAIAN

1
Jon amos Comenius (1592-1670)
Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan

2
Jean-jacques rousseau 1712-1778
Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile.

3
J.H. Pestalozzi 1746-1827
Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.



4
Robert owen 1771-1858
Pemilik pabrik tenun di new Lanark, skotlandia. Pada 1816 mendirikan sekolah-sekolah bagi anak-anak para ekeerjanya. Sekolah-sekolah tersebut untuk anak-anak di bawah 12 tahun dengan penekanan khusus pada sekolah bayi. James Buchanan adalah uru pertama di sekolah new Lanark, mencontohkan idelaisme mengenai kebaikan, aktivitas dan kerjasama.

5
Joshua Watson 1771-1855
Ebagai seorang pensiunan pedagang wine dan kontraktor pemerintah selama perang apoleon, dia pertama kali disebut oleh bishop lioyd of oxford sebagai rang awam terbaik di inggris. Ia adalah tokoh gereja inggris yang berpengaruh pada abad kesembilan belas, dan salah satu pendiri the national society bagi pendiidikan masyarakat miskin sesuai principles of the established church pada 1811.

6
Joseph Lancaster 1778-1838
Salah satu pendiri pendiidkan massal bagi masyarakat miskin pada era industry dan pelopor sistem sekolah pengawasan. Pada 1798 mendirikan sekolah borough road menggunakan sistem pengawasan untuk mengajar mereka. Dengan diduung oleh Quakers lainnya, sistem tersebut menyebar dan 826 sekolah di inggris didirikan pada 1851 borough road juga menjadi lembaga pelatihan guru yang paling awal.

7
Frederich Froebel 1782-1852
Pada 1826 menerbitkan the education of man yang berisi alas an pentingnya bermain dalam pendidikan. Gagasan Froebel menjadi berpengaruh di inggris sekitar pertengahan abad kesembilan belas.

8
James Buchanan 1784-1857
Pada 1814 bekerja bersama Robert owen di new Lanark untuk menjalankan sekolah bayi. Meskipun dilaporkan belum menjadi manajer yang baik., ia menikmati bekerja dengan anak-anak menggunakan metode yang mencerminkan kerja sekolah anak progresif

9
Samuel wilderspin 1791-1866
Pada 1820 setelah bertemu jame Buchanan, mengambil alih kepemimpinan sekolah bayi quaker street yang baru di spitalfield

10
Elizabeth mayo 1793-1865
Pada 1829, menulis lessons with object yang mengkalim bahwa mengatur dan memilah objek dan menemukan kualitas kegiatan tersebut mampu memberi stimulasi pada anak-anak untuk belajar. Hal ini mempengaruhi pendidikan dasar selama abad kesembilan belas, termasuk beberapa pembelajaran menghafal.

11
William ewart 1798-1869
Pada 1850 berhasil memperkenalkan undang-undang untuk membangun perpustakaan pablik gratis yang didukung oleh pemerintah setempat.

12
Sir james Philips kay-shuttleorth 1804-1877
Pada 1839-1840 mendirikan lembaga pelatihan di battersea yang menjadi contoh bagi pelatihan guru sekolah dasar di abad Sembilan belas.

13
Robert lowe 1811-1892
Memperkenalkan revised code pada 1862 yang mencakup diberlakukannya pay ment by results dimana pendanaan bagi sekolah dasar terutama didasarkan pada prestasi anak-anak dalam ujian nasional membaca, menulis, dan aritmatika. Pay meny by results berlanjut selama 35 tahun-1899.

14
Charles dickens
Melalui novelnya ia memberikan perhatian pada kondisi sosial masyarakat miskin yang mempengaruhi anak-anak dan pentingnya pendidikan.
15
Emily anne eliza shirreff
Mengampanyekan pendidikan anak-anak perempuan remaja dan dewasa. Pada 1875 menjadi presiden masyarakat Frobel (yang didirikan pada 1874). Dia menekankan pentingnya pelatihan guru taman kanak-kanak yang tepat.
16
William Edward forster
1870 education elementary education act mengadakan dewan sekolah diwilayah-wilayah yang masih sedikit tersedia sekolah dasar.
17
Anthony john mundella
Anggota komite hadow dann bersamalord spencer bertanggung jawab bagi mundella act yang dikenal sebagai education act of 1880 dan memperkenalkan pendidikan wajib universal di inggris.

The mundella code 1882 mendukung metode pengajaran pencerahan disekolah dan mengizinkan beragam mata pelajaran dalam kurikulum.
18
Sir wiliiam hart dyke
Memegang peran penting dalam mendorong dan menyebarkan 1890 education code yang membuka jalan untuk berakhirnya sistem payment by results

Pada 1891 memperkenalkan undang-undang pendidikan gratis yang membuka jalan untuk memperkenalkan pendidikan dasar gratis bagi anak-anak.
19
Sir james Crichton brown
Pada 1884 sebagai wakil presiden dewan pendidikan memeriksa kasus-kasus dugaan adanya tekanan berlebihan di sekolah-sekolah London yang disebabkan oleh tuntutan mundella code
20
Charlotte mason
Kepala sekolah dari salah satu sekolah bayi pertama inggris pada usia 22 tahun . setelah dilatih peztalozzi , ia memulai sekolah bayi pertamanya di negaranya dan memperjuangkan pendidikan dan permainan dirumah  sama pentingnya engan pelajaran, dengan frasa kuncinya pendidikan adalah suasana.
21
Edmond gore alexander holmes
Pada 1911 menerbitkan what is and I what mightbe:study of education in general and elementary education in particular. Buku ini mengecam sistem pendidikan yang formal , sistematis, didominasi ujian dan mendukung metode kerjasama , ekspresi diri dan aktivitas.

Holmes juga mengkritik sistem payment by results
22
Mary augusta ward
Pada 1890 mendirikan pusat kerja sosial dan ajam bermain anak mengarah ke pendirian pusat rekreasi bagia anak-anak London. Pusat rekreasi tersebut pindah ke tavistock square pada 1897. Dan menjadi passmore Edwards sttelmen. Pada 1898 mary ward mengawali skema untuk anak-anak cacat yang berkontribusi untuk pengakuan umum terhadap kebutuhan sumber daya dan ketentuan khusus bagi beberapa anak.
23
Edward parnell culverwell
Pada 1913 meneerbitkan: the montessorian principle and practice yang mendukung metode pengajaran Montessori yang modern dan memperkenalkan metode tersebut di inggri.
24
Sigmund freud
Mengembangkan pendekatan psikoanalisis yang memberi cara menerjemahkan perilaku anak-anak.
25
John dewey
Mendorong pendidikan progresi dan berorientasi pada anak-anak melalui pengajaran berbasis pembelajaran terintegrasi melalui proyek-proyek, bukan subjek-subjek yang berlainan.
26
Rachel mc Millan
Pada 1913 mendirikan sekolah taman kanak-kanak Rachel mcmillan di ruang terbuka di London, mendasarkan ide-idenya megenai pendidikan prasekolah dengan sebuah taman besar dipadu dengan tempat penampungan dan fasilitas luar ruangan lainnya. Dia terutama berfokus pada pekerjaan yang berhubungan dengan anak-anak dari daerah kumuh.
27
Margaret mc Millan
Pada 1899 margaret mc Millan berpartisipasi pada salah satu pemeriksaan kesehatan pertama anak-anak dibawah perindungan pemerintah . pada 1902 dia berhasil mengampanyekan pemeriksaan kesehatan. Pada 1913 , bersama adiknya Rachel dia mendirikan sekolah-sekolah perkemahan dan sekolah PAUD. Dia mendirikan kampus pelatihan Rachel mc Millan untuk mengenang kakaknya pada 1930.
28
Catherine Isabella dodd
Pada 1902 membuka sekolah dasar dan taman kanak-kanak percobaan berdasarkan metode pengajaran baru.
29
Dame maude agnes Lawrence
Inspektur dan administarur sekolah. Mejadi inspektur wanita pertama pada 1905 saat inspektorat wanita dibentuk. Enam wanita pada awalnya, mememriksa pendidikan anak-anak yang sangat muda dan anak-anak perempuan di sekolah dasar terutama dalam mata pelajaran domestic.
30
Maria Montessori
Pada 1907 di roma membuka rumah anak-anak bagi anak yang tinggal di pemukiman rumah petak berusia antara 3-7 yahun. Karya Montessori menitikberatkan pentingnya lingkungan anak-anak. Dia berhasil mengembangkan metode belajar bersama anak-anak yang dideskripsikan sebagai cacat secara mental
31
Edith mary deverell
Pada 1900 dilantik diinspektorat. Ia bergabung bersama lima inspector lainnya yang menginspeksi bagian anak-anak perempuan dan bayi di sekolah dasar. Ia berkampanye untuk melindungi kepentingan dan kerjasama para orangtua alam kegiatan sekolah.
32
Melanie klein
Psikoanalisis yang menerapkan teknik permainan bebas bersama anak-anak. Pada 1932 mempublikasikan the psyco-analysis of children. Seorang pelopor pengetahuan mengenai kehupan mental bayi dan pengaruh penting sikap umum bagi anak-anak.
33
Alexander Sutherland neill
Pada 1924 A.S. neill mendirikan sekolah di lyme regis yang setelah berpindah ke Suffolk menjadi terkenal dengan sekolah summerhill berdasarkan prinsip-prinip radikal, humanis, dan berpusat pada anak.
34
Susan suhterland isaacs
Pada 1924-1927 menirikan sekolah rumah malting, Cambridge, dengan kurikulum dan pedagogi yang dirancang untuk perkembangan individu anak-anak lebih lanjut. Penulis beberapa buku yang melibatkan observasi dan reflex anak-anak di sekolah rumah malting. (sehingga disebut sebagai peneliti sistematik pertama)
35
Henry Caldwell cook
Paa 1917 menerbitkan the play way, an essay in educational method. Ia percaya bahwa sistem sekolah saat ini menghambat pendidikan yang sesungguhnya kemmpuan dan pembelajaran terlahir bukan dari membaca dan mendengarkan tetapi dari tindakan dari melakkukan dan dari pengalaman.
36
Marion Richardson
Terutama berpengaruh dari inspektur seni selama 1930-an di London. Mempengaruhi pelajaran tulisan tangan selama akhir 1930-an, dengan publikasi writing and writing patterns (1935) yang mempengaruhi pengajaran tulisan tangan di sekolah-sekolah menengah pertama.
37
Louis Christian schiller
Inspektur sekolah yang mulia, memperkenalkan pembelajaran dan penidikan yang berpusat pada anak-anak melalui kesenian. Ia bekerja bersama robbin tanner dalam menjalani pelatihan untuk melayani para guru.
38
Lev vygostsky
Ahli psikologi dan ahli teori pendidikan yang paling dikenal karena penekanannya pada pembelajaran sebagai tindakan interaksi sosial dan teorinya mengenai wilayah perkembangan proksimal
39
Donald woods winnicott
Seorang dokter spesialis anak dan ahli psikoanalisis yang mengambangkan kerangka berpikir mengenai perkembangan emosional manusia dan praktik-praktik sehingga memungkinkan anak-anak berkembang sebagai manusia yang merasa aman dan utuh secara emosional
40
Jean piaget
Ahli psikologi yang mengemukakan tahapan-tahapan perkembangan kognitif yang menginformasikan praktik dalam pengajaran anak usia dini. Ia bekerjasama dengan susan isaacs
41
Sir red joyce schonell
Terkenal karena mempengaruhi metode pengajaran sekolah dasar, khusunya, penekatan-pendekaan untuk mengajar anak-anak dengan kesulitan belajar. Pada 1944 menullis buku membaca happy venture dan mengembangkan tes membaca yang diberi nama sesuai dengan namanya.
42
Erik erikson
Ahli psikologi dan psikoanalisis , teorinya mengenai perkembangan manusia mendorng perkembangan program-program mengenai anak-anak usia dini yang mendukung perkembagan sosial dan emosional yang sehat
43
Sir james pitman
Penemu initial teaching alphabet sebuah bentuk sedrhana untuk membantu proses belajar membaca yang popoler di beberapa sekolah selama 1906-an, tetapi tidak ditetapkan secara universal sebagai praktik pengajaran bayi.
44
Carl rogers
Ahli psikologi dan psikoterapi yang mengemukakan pendidikan yang didasarkan pada hubungan timbal balik antar anak-anak dan antara anak-anak dengan guru mereka.
45
Burrhus Frederick skinner
Ahli psikologi yang mengembangkan teori behaviorisme yang mendorong sistem pemeblajaran yang melibatkan pendektan respon stimulus untuk memodifikasi perilaku yang tidak diiinginkan.
46
Robin tanner
Memperkenalkan kesenian dalam pendidikan dan mengadakan pelatihan bagi para guru bersama Christian schiller di institute pendidikan London.
47
John Bowlby
Psikoanalisis yang terkenal dengan teori attachmentnya.
48
Sir alec clegg
Direktur pendidikan west riding 1945-1974.clegg menitikberatkan pentingnya kreativitas dan semua proses pendidikan, memberi kontribusi penting bagi penddididkan guru yang sedang bertugasdan bagi organisasi d kurikulum sekolah-sekolah. Dia membuat kumpulan karya seni anak-anak dari sekolah west riding sejak 1930 -1974 dan menjelaskan pentingnya kreativitas.
49
Sir john Hubert newsom
Seperti clegg, seorang pelopor perkembangan kebutuhan dan proses sistematis sekolah. Pada 1963 kepala pusat dewan penasihat pendidikan yang menghasilkan laporan newsom half our future melaporkan pendidikan anak yang berkemampuan rata-rata. Wakil kepala central advisory council, anak-anak dan sekolah dasarnya yang menullis the plowden to school (1968) dan menulis beberapa buku termasuk willingly to school (1944) the education of girls (1948) dan the child at school (1950).
50
Loriz malaguzzi
Penemu pendekatan reggio emilia untuk pendidikan pra sekolah. Ia terkenal karena memperjuangkan hak-hak anak dalam pendidikan dan ratusan bahasa masa kecil








51
Chris athey
Direktur proyek anak-anak usia dini Froebel yang menemukan teori skematis sebagai cara memahami proses belajar anak-anak. Mendukung orangtua dan para pendidik proesional untuk berbagi pengetahuan pedagogogi.


Sumber bacaan: nutbrown, cathy and clough, peter.2015.pendidikan anak usia dini sejarah, filosofi, dan pengalaman. PT pustaka pelajar Yogyakarta hal. 11-22

Beberapa tokoh berpengaruh dan peristiwa penting dalam perkembangan pendidikan anak usia dini 

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel