NO
|
NAMA
|
RANGKUMAN
PENCAPAIAN
|
1
|
Jon amos Comenius (1592-1670)
|
Pada 1631 menerbitkan the school of
infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan
khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis
sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan
|
2
|
Jean-jacques rousseau 1712-1778
|
Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang
sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile.
|
3
|
J.H. Pestalozzi 1746-1827
|
Pada 1780 menerbitkan leonard and
Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan
sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul
memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya
bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.
|
4
|
Robert owen 1771-1858
|
Pemilik pabrik tenun di new Lanark, skotlandia. Pada 1816
mendirikan sekolah-sekolah bagi anak-anak para ekeerjanya. Sekolah-sekolah
tersebut untuk anak-anak di bawah 12 tahun dengan penekanan khusus pada
sekolah bayi. James Buchanan adalah uru pertama di sekolah new Lanark,
mencontohkan idelaisme mengenai kebaikan, aktivitas dan kerjasama.
|
5
|
Joshua Watson 1771-1855
|
Ebagai seorang pensiunan pedagang wine
dan kontraktor pemerintah selama perang apoleon, dia pertama kali disebut
oleh bishop lioyd of oxford sebagai rang awam terbaik di inggris. Ia adalah
tokoh gereja inggris yang berpengaruh pada abad kesembilan belas, dan salah
satu pendiri the national society bagi pendiidikan masyarakat miskin sesuai
principles of the established church pada 1811.
|
6
|
Joseph Lancaster 1778-1838
|
Salah satu pendiri pendiidkan massal bagi masyarakat miskin pada
era industry dan pelopor sistem sekolah pengawasan. Pada 1798 mendirikan
sekolah borough road menggunakan sistem pengawasan untuk mengajar mereka.
Dengan diduung oleh Quakers lainnya, sistem tersebut menyebar dan 826 sekolah
di inggris didirikan pada 1851 borough road juga menjadi lembaga pelatihan
guru yang paling awal.
|
7
|
Frederich Froebel 1782-1852
|
Pada 1826 menerbitkan the education of
man yang berisi alas an pentingnya bermain dalam pendidikan. Gagasan Froebel
menjadi berpengaruh di inggris sekitar pertengahan abad kesembilan belas.
|
8
|
James Buchanan 1784-1857
|
Pada 1814 bekerja bersama Robert owen di new Lanark untuk
menjalankan sekolah bayi. Meskipun dilaporkan belum menjadi manajer yang
baik., ia menikmati bekerja dengan anak-anak menggunakan metode yang
mencerminkan kerja sekolah anak progresif
|
9
|
Samuel wilderspin 1791-1866
|
Pada 1820 setelah bertemu jame Buchanan,
mengambil alih kepemimpinan sekolah bayi quaker street yang baru di
spitalfield
|
10
|
Elizabeth mayo 1793-1865
|
Pada 1829, menulis lessons with object yang mengkalim bahwa
mengatur dan memilah objek dan menemukan kualitas kegiatan tersebut mampu
memberi stimulasi pada anak-anak untuk belajar. Hal ini mempengaruhi
pendidikan dasar selama abad kesembilan belas, termasuk beberapa pembelajaran
menghafal.
|
11
|
William ewart 1798-1869
|
Pada 1850 berhasil memperkenalkan
undang-undang untuk membangun perpustakaan pablik gratis yang didukung oleh
pemerintah setempat.
|
12
|
Sir james Philips kay-shuttleorth 1804-1877
|
Pada 1839-1840 mendirikan lembaga pelatihan di battersea yang
menjadi contoh bagi pelatihan guru sekolah dasar di abad Sembilan belas.
|
13
|
Robert lowe 1811-1892
|
Memperkenalkan revised code pada 1862
yang mencakup diberlakukannya pay ment by results dimana pendanaan bagi
sekolah dasar terutama didasarkan pada prestasi anak-anak dalam ujian nasional
membaca, menulis, dan aritmatika. Pay meny by results berlanjut selama 35
tahun-1899.
|
14
|
Charles dickens
|
Melalui novelnya ia memberikan perhatian pada kondisi sosial
masyarakat miskin yang mempengaruhi anak-anak dan pentingnya pendidikan.
|
15
|
Emily anne eliza shirreff
|
Mengampanyekan pendidikan anak-anak
perempuan remaja dan dewasa. Pada 1875 menjadi presiden masyarakat Frobel
(yang didirikan pada 1874). Dia menekankan pentingnya pelatihan guru taman
kanak-kanak yang tepat.
|
16
|
William Edward forster
|
1870 education elementary education act mengadakan dewan sekolah
diwilayah-wilayah yang masih sedikit tersedia sekolah dasar.
|
17
|
Anthony john mundella
|
Anggota komite hadow dann bersamalord
spencer bertanggung jawab bagi mundella act yang dikenal sebagai education
act of 1880 dan memperkenalkan pendidikan wajib universal di inggris.
The mundella code 1882 mendukung metode
pengajaran pencerahan disekolah dan mengizinkan beragam mata pelajaran dalam
kurikulum.
|
18
|
Sir wiliiam hart dyke
|
Memegang peran penting dalam mendorong dan menyebarkan 1890
education code yang membuka jalan untuk berakhirnya sistem payment by results
Pada 1891 memperkenalkan undang-undang pendidikan gratis yang
membuka jalan untuk memperkenalkan pendidikan dasar gratis bagi anak-anak.
|
19
|
Sir james Crichton brown
|
Pada 1884 sebagai wakil presiden dewan
pendidikan memeriksa kasus-kasus dugaan adanya tekanan berlebihan di
sekolah-sekolah London yang disebabkan oleh tuntutan mundella code
|
20
|
Charlotte mason
|
Kepala sekolah dari salah satu sekolah bayi pertama inggris pada
usia 22 tahun . setelah dilatih peztalozzi , ia memulai sekolah bayi
pertamanya di negaranya dan memperjuangkan pendidikan dan permainan
dirumah sama pentingnya engan
pelajaran, dengan frasa kuncinya pendidikan adalah suasana.
|
21
|
Edmond gore alexander holmes
|
Pada 1911 menerbitkan what is and I what
mightbe:study of education in general and elementary education in particular.
Buku ini mengecam sistem pendidikan yang formal , sistematis, didominasi
ujian dan mendukung metode kerjasama , ekspresi diri dan aktivitas.
Holmes juga mengkritik sistem payment by
results
|
22
|
Mary augusta ward
|
Pada 1890 mendirikan pusat kerja sosial dan ajam bermain anak
mengarah ke pendirian pusat rekreasi bagia anak-anak London. Pusat rekreasi tersebut
pindah ke tavistock square pada 1897. Dan menjadi passmore Edwards sttelmen.
Pada 1898 mary ward mengawali skema untuk anak-anak cacat yang berkontribusi
untuk pengakuan umum terhadap kebutuhan sumber daya dan ketentuan khusus bagi
beberapa anak.
|
23
|
Edward parnell culverwell
|
Pada 1913 meneerbitkan: the montessorian
principle and practice yang mendukung metode pengajaran Montessori yang
modern dan memperkenalkan metode tersebut di inggri.
|
24
|
Sigmund freud
|
Mengembangkan pendekatan psikoanalisis yang memberi cara
menerjemahkan perilaku anak-anak.
|
25
|
John dewey
|
Mendorong pendidikan progresi dan
berorientasi pada anak-anak melalui pengajaran berbasis pembelajaran
terintegrasi melalui proyek-proyek, bukan subjek-subjek yang berlainan.
|
26
|
Rachel mc Millan
|
Pada 1913 mendirikan sekolah taman kanak-kanak Rachel mcmillan
di ruang terbuka di London, mendasarkan ide-idenya megenai pendidikan
prasekolah dengan sebuah taman besar dipadu dengan tempat penampungan dan
fasilitas luar ruangan lainnya. Dia terutama berfokus pada pekerjaan yang
berhubungan dengan anak-anak dari daerah kumuh.
|
27
|
Margaret mc Millan
|
Pada 1899 margaret mc Millan
berpartisipasi pada salah satu pemeriksaan kesehatan pertama anak-anak
dibawah perindungan pemerintah . pada 1902 dia berhasil mengampanyekan
pemeriksaan kesehatan. Pada 1913 , bersama adiknya Rachel dia mendirikan
sekolah-sekolah perkemahan dan sekolah PAUD. Dia mendirikan kampus pelatihan
Rachel mc Millan untuk mengenang kakaknya pada 1930.
|
28
|
Catherine Isabella dodd
|
Pada 1902 membuka sekolah dasar dan taman kanak-kanak percobaan
berdasarkan metode pengajaran baru.
|
29
|
Dame maude agnes Lawrence
|
Inspektur dan administarur sekolah.
Mejadi inspektur wanita pertama pada 1905 saat inspektorat wanita dibentuk.
Enam wanita pada awalnya, mememriksa pendidikan anak-anak yang sangat muda
dan anak-anak perempuan di sekolah dasar terutama dalam mata pelajaran
domestic.
|
30
|
Maria Montessori
|
Pada 1907 di roma membuka rumah anak-anak bagi anak yang tinggal
di pemukiman rumah petak berusia antara 3-7 yahun. Karya Montessori
menitikberatkan pentingnya lingkungan anak-anak. Dia berhasil mengembangkan
metode belajar bersama anak-anak yang dideskripsikan sebagai cacat secara
mental
|
31
|
Edith mary deverell
|
Pada 1900 dilantik diinspektorat. Ia bergabung
bersama lima inspector lainnya yang menginspeksi bagian anak-anak perempuan
dan bayi di sekolah dasar. Ia berkampanye untuk melindungi kepentingan dan
kerjasama para orangtua alam kegiatan sekolah.
|
32
|
Melanie klein
|
Psikoanalisis yang menerapkan teknik permainan bebas bersama
anak-anak. Pada 1932 mempublikasikan the psyco-analysis of children. Seorang
pelopor pengetahuan mengenai kehupan mental bayi dan pengaruh penting sikap
umum bagi anak-anak.
|
33
|
Alexander Sutherland neill
|
Pada 1924 A.S. neill mendirikan sekolah
di lyme regis yang setelah berpindah ke Suffolk menjadi terkenal dengan
sekolah summerhill berdasarkan prinsip-prinip radikal, humanis, dan berpusat
pada anak.
|
34
|
Susan suhterland isaacs
|
Pada 1924-1927 menirikan sekolah rumah malting, Cambridge,
dengan kurikulum dan pedagogi yang dirancang untuk perkembangan individu
anak-anak lebih lanjut. Penulis beberapa buku yang melibatkan observasi dan
reflex anak-anak di sekolah rumah malting. (sehingga disebut sebagai peneliti
sistematik pertama)
|
35
|
Henry Caldwell cook
|
Paa 1917 menerbitkan the play way, an
essay in educational method. Ia percaya bahwa sistem sekolah saat ini
menghambat pendidikan yang sesungguhnya kemmpuan dan pembelajaran terlahir
bukan dari membaca dan mendengarkan tetapi dari tindakan dari melakkukan dan
dari pengalaman.
|
36
|
Marion Richardson
|
Terutama berpengaruh dari inspektur seni selama 1930-an di
London. Mempengaruhi pelajaran tulisan tangan selama akhir 1930-an, dengan
publikasi writing and writing patterns (1935) yang mempengaruhi pengajaran
tulisan tangan di sekolah-sekolah menengah pertama.
|
37
|
Louis Christian schiller
|
Inspektur sekolah yang mulia,
memperkenalkan pembelajaran dan penidikan yang berpusat pada anak-anak melalui
kesenian. Ia bekerja bersama robbin tanner dalam menjalani pelatihan untuk
melayani para guru.
|
38
|
Lev vygostsky
|
Ahli psikologi dan ahli teori pendidikan yang paling dikenal
karena penekanannya pada pembelajaran sebagai tindakan interaksi sosial dan
teorinya mengenai wilayah perkembangan proksimal
|
39
|
Donald woods winnicott
|
Seorang dokter spesialis anak dan ahli
psikoanalisis yang mengambangkan kerangka berpikir mengenai perkembangan
emosional manusia dan praktik-praktik sehingga memungkinkan anak-anak berkembang
sebagai manusia yang merasa aman dan utuh secara emosional
|
40
|
Jean piaget
|
Ahli psikologi yang mengemukakan tahapan-tahapan perkembangan
kognitif yang menginformasikan praktik dalam pengajaran anak usia dini. Ia
bekerjasama dengan susan isaacs
|
41
|
Sir red joyce schonell
|
Terkenal karena mempengaruhi metode
pengajaran sekolah dasar, khusunya, penekatan-pendekaan untuk mengajar
anak-anak dengan kesulitan belajar. Pada 1944 menullis buku membaca happy
venture dan mengembangkan tes membaca yang diberi nama sesuai dengan namanya.
|
42
|
Erik erikson
|
Ahli psikologi dan psikoanalisis , teorinya mengenai
perkembangan manusia mendorng perkembangan program-program mengenai anak-anak
usia dini yang mendukung perkembagan sosial dan emosional yang sehat
|
43
|
Sir james pitman
|
Penemu initial teaching alphabet sebuah
bentuk sedrhana untuk membantu proses belajar membaca yang popoler di
beberapa sekolah selama 1906-an, tetapi tidak ditetapkan secara universal
sebagai praktik pengajaran bayi.
|
44
|
Carl rogers
|
Ahli psikologi dan psikoterapi yang mengemukakan pendidikan yang
didasarkan pada hubungan timbal balik antar anak-anak dan antara anak-anak
dengan guru mereka.
|
45
|
Burrhus Frederick skinner
|
Ahli psikologi yang mengembangkan teori
behaviorisme yang mendorong sistem pemeblajaran yang melibatkan pendektan
respon stimulus untuk memodifikasi perilaku yang tidak diiinginkan.
|
46
|
Robin tanner
|
Memperkenalkan kesenian dalam pendidikan dan mengadakan
pelatihan bagi para guru bersama Christian schiller di institute pendidikan
London.
|
47
|
John Bowlby
|
Psikoanalisis yang terkenal dengan teori
attachmentnya.
|
48
|
Sir alec clegg
|
Direktur pendidikan west riding 1945-1974.clegg menitikberatkan
pentingnya kreativitas dan semua proses pendidikan, memberi kontribusi
penting bagi penddididkan guru yang sedang bertugasdan bagi organisasi d
kurikulum sekolah-sekolah. Dia membuat kumpulan karya seni anak-anak dari
sekolah west riding sejak 1930 -1974 dan menjelaskan pentingnya kreativitas.
|
49
|
Sir john Hubert newsom
|
Seperti clegg, seorang pelopor perkembangan
kebutuhan dan proses sistematis sekolah. Pada 1963 kepala pusat dewan
penasihat pendidikan yang menghasilkan laporan newsom half our future
melaporkan pendidikan anak yang berkemampuan rata-rata. Wakil kepala central
advisory council, anak-anak dan sekolah dasarnya yang menullis the plowden to
school (1968) dan menulis beberapa buku termasuk willingly to school (1944)
the education of girls (1948) dan the child at school (1950).
|
50
|
Loriz malaguzzi
|
Penemu pendekatan reggio emilia untuk pendidikan pra sekolah. Ia
terkenal karena memperjuangkan hak-hak anak dalam pendidikan dan ratusan
bahasa masa kecil
|
Comments