Skip to main content

Cerpen : kucing yang selalu lapar

Kucing yang selalu lapar

Karya: Lena D.













“Mengapa kucing mencuri?” kata Kiki dalam hati. Gadis kecil itu merenung ditepi jendela sambil mendengarkan keributan yang sedang terjadi di sebelah rumahnya.



Kiki sudah dapat mendunga siapa yang menjadi sumber keributan itu. Pasti kucing itu !

Benar saja ! seekor kucing kecil dengan tangkas meloncat ke pagar tembok yang memisahkan rumah kiki dengan rumah tante Sali. Mata kucing itu dengan liar memperhatikan sekitarnya. Ekornya berkali-kali dikibaskan ke udara.

“hai…” sapa kiki. “mencuri lagi, ya !”

Kucing itu hanya menggeram matanya nanar wapada. Tiba-tiba saja ia melompat turu. Lalu menghilang.

“kucing sialan!” tante Sali muncul dari balik pagar. Napasnya memburu. Sebelah tangannyamembawa sapu, sebelah lagi berkacak pinggang. “sialan kucing itu !”

“mencuri apa dia tente” Tanya kiki

Oh,.. tante yang gemuk itu menoleh. Senyumnya mengembang melihat kiki.

Tidak,, tidak mencuri apa-apa! Tidak berhasil dia!

Tapi tiap hari dintip-intip kan menyebalkan ki

Oh.. tidak berhasil ! kiki meniru. Kenapa kucing mencuri tante?

“tentu saja karena dia lapar

Kasih saja kucing itu makan tante biar tidak mencuri lagi. Usul kiki dengan polosnya.

Enak saja. Tante Sali merengut. Ia jadi tampak lucu sekali





Dagunya yang gemuk berlipat-lipat. Memangnya kucing siapa dia?

Kucing siapa? Kiki tertegun. Dalam benak gadis kecil itu tak terbayang pemilik kucing yang seelalu membuat ulah itu. Kalau tidak berhasil mencuri di tempat tante Sali, pasti ia beroperasi dirumah sebelah lagi.

Punya siapa tante? Tanya kiki cepat-cepat sebelum tante. Tante Sali berlalu.

Tidak tahu.kucing liar mungkin. Jawab tante Sali sambil membalikkan badan. Tetapi, kemungkinan dia berbalik lagi. Lalu menjulurkan kepalanya melewati pagar.

Kiki panggilnya.

Kenapa tidak main ke rumah tante? Ayo, anak manis, kok tahan sendirian dirumah molly belakangan iini kesepian tidak ketemu kiki

Kiki menggeleng. Lalu menutup jendela cepat-cepat sebelum tante yang gemuk itu mendesaknya bermain ke situ.

Rupanya tante Sali tidak tahu bahwa kiki lagi marah pada molly , anjingnya itu. Kiki sebal , molly mau seenaknya saja. Kalau ia lagi ingin main, kiki dauber-ubernya. Coba kalau lagi malas, molly tidak memedulikannya.

Lebih baik bermain dengan si putih saja  gerutu kiki dalam hati. Si putih.

Ngeong.. ngeong..



Kiki segera berlari keluar. Beberapa anak laki-laki sedang menghajar si putih dirumah sebelah. Ada yang menendang, memukul pakai sapu, dan menarik-narik ekornya. Kucing itu hanya bisa mengeong-ngeong kesakitan. Beberapa kali ia mencoba melarikan diri , tetapi tertangkap kembali.



Tante Sali menyaksikan itu dengan senang sekali. Bahkan ia menyemangati anak-anak itu. Sedang kiki yang berdiri disebelahnya berurai air mata. Hatinya yang polos dan lembut tak bisa menerima tindakan semena-mena itu.

Ketika ibu pulang dari bekerja, kiki mengadu sambil terisak-isak. Ibu menenangkan anak satu –satunya itu dan berjanji  kalau nyonya masak daging, nanti ibu bawa tulang-tulangnya pulang. Untuk kucing pencuri itu biar ia tidak lapar. Biar tidak mencuri lagi.



Ibu bekerja jadi pembantu dirumah nyonya maria. Sejak masih gadis, ibu sudah bekerja disana. Ibu berhenti bekerja ketika menikah dengan ayah kiki. Setelah suaminya meninggal, ibu bekerja kembali disana.




Ketika tahu ibu sering membawa pulang tulang-tulang ikan untuk kucing. Nyonya maria malah memberi daging untuk kiki. Nyonya maria maklum keluarga kecil itu tentu jarang makan daging.

‘wah, daging bu seru kiki ketika melihat apa yang dibawa ibunya pulang. Untuk siputih?

Ini. Gulai. Untuk kiki sajakata ibu. Tulang-tulangnya baru dikasih ke siputih

Nyonya maria baik sekali yah bu. Kalau besar kiki juga mau bekerja disana juga, kata kiki ia makan dengan lahapnya sambil tak lupa bercerita tentang siputih.

Siputih, kucing pencuri itu, kini menjadi sahabat kiki. Mulanya memang sulit untuk mendekati si putih. Kucing itu selalu curiga dan waspada. Ia pasti lari jika didekati. Hanya jika lapar saja, ia mencari kiki karena ia tahu kiki menyediakan tulang untuknya. Tetapi, lama-lama kucing itu menyukai kiki juga. Kikisatu satunya manusia yang berlaku hangat dan manis padanya.

Kini putih berubah menjadi kucing yang bersih dan manis . ia tidak lagi kumal, liar, dan sumber keributan. Sampai-sampai tante Sali pangling melihatnya.

Astaga .. ki, ini kan kucing jahat itu! Serunya terbengong-bengong .

Sudah lama ia tak mencuri lagi

Soalnya putih tak lapar lagi, tante sahut kiki

Kiki memberinya makan

Ih, baik begitu, ki

Kata ibu, kucing juga mengerti jika disayang. Kalau kiki mau baik dan saying pada putih, pasti putih juga baik dan jinak.”

Lama tante Sali termangu. Ia merasa disindir.

Ia malu sekali. Bagaimana mungkin, selama ini ia bersikap begitu kasar terhadap seekor kucing kecil yang kelaparan?



Sumber: kumpulan cerpen Bobo07, sarana bobo.





Sumber bacaan :waluto, budi.2015. Bahasaku bahasa Indonesia untuk kelas VII SMP dan MTs. Tiga serangkai pustaka mandiri  hlm.255-256.




Gambar: http//momenlucu.blogspot.com



Comments

Popular posts from this blog

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.