TIK
DALAM PEMBELAJARAN PAUD
Oleh:
Murniati M
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Memasuki
milenium ke tiga Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk menyiapkan
masyarakat menuju era baru, yaitu globalisasi yang menyentuh semua aspek
kehidupan. Dalam era global ini seakan dunia tanpa jarak. Komunikasi dan
transaksi ekonomi dari tingkat lokal hingga internasional dapat dilakukan
sepanjang waktu. Demikian pula nanti ketika perdagangan bebas sudah
diberlakukan, tentu persaingan dagang dan tenaga kerja bersifat multi bangsa.
Pada saat itu hanya bangsa yang unggullah yang anak mampu bersaing.
Pendidikan
merupakan modal dasar untuk menyiapkan insan yang berkualitas. Menurut
Undang-undang Sisdiknas Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Menurut UNESCO
pendidikan hendaknya dibangun dengan empat pilar, yaitu learning to know,
learning to do, learning to be, dan learning to live together.
Pada hakikatnya
belajar harus berlangsung sepanjang hayat. Untuk menciptakan generasi yang
berkualitas, pendidikan harus dilakukan sejak usia dini dalam hal ini melalui Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD), yaitu pendidikan yang ditujukan bagi anak sejak lahir
hingga usia 6 tahun. Sejak dipublikasikannya hasil-hasil riset mutakhir di
bidang neuroscience dan psikologi maka fenomena pentingnya PAUD
merupakan keniscayaan. PAUD menjadi sangat penting mengingat potensi kecerdasan
dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia ini. Sedemikian
pentingnya masa ini sehingga usia dini sering disebut the golden age (usia
emas).
Dengan
diberlakukannya UU No. 20 Tahun 2003 maka sistem pendidikan di Indonesia
terdiri dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah,
dan pendidikan tinggi yang keseluruhannya merupakan kesatuan yang sistemik.
PAUD diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar. PAUD dapat
diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal.
PAUD pada jalur pendidikan formal berbentuk Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul
Athfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan
nonformal berbentuk Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), atau
bentuk lain yang sederajat. PAUD pada jalur pendidikan informal berbentuk
pendidikan keluarga atau pendidikan yang diselenggarakan oleh lingkungan.[1]
Dalam upaya
pembinaan terhadap satuan-satuan PAUD tersebut, diperlukan adanya sebuah
gerakan bagaimana penerapan TIK dalam Pembelajaran di PAUD mengingat belajar
adalah bersenang-senang[2],
bermain sambil belajar, dan belajar seraya bermain.
B. Tujuan
Tujuan Penerapan TIK dalam Pembelajaran
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah
a. TIK
sebagai sumber belajar
b. TIK
sebagai media pembelajaran
TIK
Sebagai sumber belajar :
q Menjawab
Kebutuhan Informasi :
- Mengintegrasikan TIK sebagai sumber belajar
- Memastikan
alamat-alamat situs yang akan dikunjungi
- Mengembangkan
LKS berbasis PBK
- Membuat lembar refleksi diri
q Layanan Yang Cepat dan Murah meliputi;
- Meninggalkan
kebiasaan satu sumber belajar
- Menggunakan
ANEKA sumber belajar
- Mengefektifkan penggunaan internet
q Informasi Terkini
- Menyediakan informasi terkini/baru
- CEPAT (
Terkokneksi ke semua sistem jaringan
perpustakaan )
- TERKINI ( Informasi secara teratur diperbaharui )
TIK
sebagai media Pembelajaran :
Tujuan
TIK sebagai media pembelajaran:
- Memberi pengalaman belajar yang berbeda
- Menumbuhkan sikap dan keterampilan BTI
- Menciptakan situasi belajar menyenangkan
- Menjadikan belajar lebih efektif, efisien dan bermakna
- Membuka peluang belajar dimana saja dan kapan saja
- Memberikan motivasi belajar kepada siswa
- Mejadikan belajar sebagai kebutuhan
Tujuan utama TIK dalam Pembelajaran adalah
agar pesan yang disampaikan mudah dimengerti oleh peserta didik .
Pembelajaran bebasis TIK adalah Suatu pendekatan dalam pembelajaran yang
mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sebagai sumber
belajar dan sebagai medium penyampaian
pesan dalam pembelajaran. [4]
sumber : http://paudmuren.blogspot.com/2013/01/penerapan-tik-pada-pembelajaran-di-paud.html
Comments