Skip to main content

Otak tidak pernah berhenti berkembang

     Pernyataan bahwa sel-sel otak berhenti tumbuh saat seseorang memasuki usia lanjut adalah pernyataan yang kurang tepat. Neuron-neuron otak kita akan terus tumbuh sejak perkembangan yang pesat pada setahun setelah kelahiran hingga kita tumbuh dewasa.Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus-tikus dewasa menunjukkanbahwa bagian otak yang bercabang di beberapa neuron (yang disebut dendrit) masih berada dalam kondisi yang baik. Dendrit berperan untuk meneruskan sinyal listrik yang diterima neuron lainnya ke batang sel tempat neuron berada.Perubahan neuron berlangsung dalam waktu yang singkat. Ketika sel neuron yang tua sudah rusak, maka yang muda akan segera tumbuh. Pergantian tersebut dapat berlangsung dengan sangat drastis untuk ukuran sebuah sel neuron.Sebuah dendrit dapat tumbuh hingga 90 mikron dalam waktu kurang dari dua minggu. Memang hal itu lebih kecil dibandingkan pada saat pertumbuhannya, tapi faktanya ia akan selalu tumbuh kembali begitu mengalami kerusakan. Selama masa pertumbuhan di tahun pertama sejak kelahiran, tubuh manusia membentuk sekitar 250 ribu neuron setiap menitnya, kemudian menghabiskan beberapa tahun berikutnya untuk merangkainya. Sebelumnya, para penelitimemperkirakan bahwa sifat elastis neuron akan melemah begitu kita memasukiusia lanjut.Telah banyak diketahui bahwa bentuk ikatan dan respon permukaan neuron neuron orang dewasa dapat berubah jika menghadapi perlakukan yang berbeda.Tapi, apakah strukturnya juga dapat berubah atau tidak masih belum diketahui hingga kini. Dalam penelitian tersebut, telah diamati bagian otak yang berperan dalam proses penglihatan (disebut dengan visual cortex) selama beberapa bulan. Untuk melihat secara langsung struktur otaknya, para peneliti itu menanam semacam kaca pada kedua bagian visual cortex saat tikus masih muda.Neuron saling berkomunikasi dengan cara mengubah sinyal listrik dan kimia yang disalurkan melalui ruang pendek di antara dua neuron yang disebut synaps. Sinyal-sinyal tersebut dapat ditolak (inhibitory) atau diterima (excitatory) atau aktif berdasarkan aktivitas neuron yang bekerja. Ditemukan bahwa struktur neuron-neuron excitatory tidak berubah, sedangkan kelompok neuron inhibitory, yang disebut interneuron, akan berubah. Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 14% struktur antar neuron mengalami modifikasi. Sekitar 20-30% neuron di bagian neocortex yang mengatur fungsi berpikir terbuat dari interneuron inhibitory. Neuron-neuron tersebut diyakini berperan dalam pengaturan aktivitas otak dengan cara menghambat atau menutup sinyal dari neuron excitatory.
Para peneliti juga masih menduga-duga apakah interneuron berperan dalam mempertahankan sifat elastisitas otak dewasa, atau mungkin karena jaringan inhibitory tersebut memang terletak pada bagian-bagian yang secara rutin berubah


Comments

Popular posts from this blog

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.