Skip to main content

Hasil Observasi manajemen Program kegiatan Belajar Mengajar lembaga PAUD

PROFIL TK AISYIYAH  1 SUNGGUMINASA
Data Sekolah
Nama sekolah : TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa
Nama yayasan : Aisyiyah cabang sungguminasa
Nama ketua yayasan : Hj. Salmah Hamid
Nama kepala sekolah : ST. Rachmatiah S.Pd, M.Pd
Alamat Sekolah :Jl. Balla Lompoa No.24 Sungguminasa

Visi
Terciptanya sistem pendidikan anak usia dini yang kondusif dan demokratis dalam mendidik peserta didik agar berimtaq, berakhlak mulai, cerdas, kreatif, inovatif dan kompetetitif.
Misi
Mengembangkan benih-benih keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt, sedini mungkin dalam kepribadian anak yang terwujud dalam perkembangan kehidupan jasmaniah dan rohaniah sesuai dengan tingkat perkembangannya.
Mengembangkan potensi peserta didik dan pendidik secara optimal dalam pendidikan yang kondusif, demokratis, dan kompetitif.
Indikator
Indikator pencapaian pelaksanaan misi, yaitu
Melaksanakan kegiatan keagamaan dalam rangka menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada anak didik.
Mengikutsertakan anak didik berkompetisi dalam rangka mengembangkan potensinya secara optimal.
Mengembangkan potensi guru dengan mengikuti pelatihan-pelatihan berwawasan IMTAQ dan IPTEK.
Mengikutsertakan guru dalam kompetisi berwawasan pengembangan karier.

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengelola, memimpin atau mengarahkan. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusai dan sumber daya lainnya. Manajemen pendidikan dapat dikatan sebagai suatu proses untuk mengkordinasikan berbagai sember daya pendidikan, seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.
Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya mengelola, mengatur atau mengarahkan proses interaksi antara anak didik dengan guru serta lingkungan secara sistematis, taratur dan terencana untuk mencapai tujuan Pendidikan Anak Usia dini. Pengaturan dan pengelolaan diharapkan setiap instansi atau lembaga termasuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sistem pendidikan dapat dikatakan efektif apabila program kegiatan belajar yang berlangsung didalamnya berfungsi dengan baik dan mencapai tujuan institusionalnya yaitu membantu anak dalam meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
Adapun ruang lingkup dari Manajemen di lembaga pendidikan anak usia dini salah satunya adalah manajemen program kegiatan belajar mengajar. Manajemen program kegiatan belajar mengajar adalah mengelola secara efektif program kegiatan belajar mengajar lembaga Penyelenggara Pendidikan anak usia dini untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Observasi mengenai manajemen program kegiatan belajar mengajar  dilakukan di TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa.

Rumusan Masalah
Apa program garis-garis besar kegiatan di TK Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana jadwal kegiatan belajar anak di TK Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana Satuan Kegiatan Mingguan dan Satuan Kegiatan Harian di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pengaturan tahun ajaran baru di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pengaturan pelaksanaan program kegiatan belajar di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana evaluasi pelaksanaan program belajar di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.

Tujuan
Observasi yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan antara lain :
Untuk mengetahui program garis-garis besar kegiatan di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui jadwal kegiatan belajar anak di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui Satuan Kegiatan Mingguan dan Satuan Kegiatan Harian di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa
Untuk mengetahui pengaturan tahun ajaran baru di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui pengaturan pelaksanaan program kegiatan belajar di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui evaluasi pelaksanaan program belajar di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui bimbingan atau penyuluhan di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui penutupan tahun ajaran baru di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.



























BAB II
HASIL OBSERVASI

Program Garis-Garis Besar Kegiatan
Program Garis-Garis Besar Kegiatan merupakan program besar dan utama yang dilakukan sebuah sekolah dalam satu tahun periode. Program kegiatan ini dilakukan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan disekolah agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.
Program garis-garis besar kegiatan di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa meliputi, yaitu
Kegiatan awal tahun pembelajaran yang dilakukan antara lain : pembagian anak menurut kelompok usia, menyusun daftar kelompok A yang pindah ke kelompok B, pembagian tugas guru, pembagian buku administrasi kepala PAUD, mengatur pengisian administrasi guru, penyusunan program kegiatan tahunan, mengusulkan kesejahteraan guru.
Kegiatan pembelajaran yang dilakukan antara lain: melaksanakan pencacatan data anak pada guru administrasi anak didik oleh guru kelas, mengadakan penilaian terhadap perkembangan anak yang dilaksanakan oleh guru kelas
Kegiatan harian yang dilakukan antara lain : memeriksa rencana kegiatan harian (RKH) yang dibuat guru,  memeriksa penilaian harian terhadap perkembangan anak , mengawasi dan memecahkan masalah yang terjadi di PAUD selama 1 hari
Kegitan mingguan yang dilakukan antara lain: melaksanakan upacara bendera setiap hari senin, memeriksa rencana kegiatan mingguan (RKM) yang dibuat guru , supervisi kelas
Kegiatan bulanan yang dilkukan antara lain: membuat laporan bulanan tentang keadaan anak didik, guru, tenaga tata usaha, data pengangkatan, masa kerja, keadaan gedung, dan keadaan keuangan, memeriksa penilaian bulanan terhadap perkembangan anak, memeriksa, menandatangani buku laporan perkembangan anak

Kegiatan akhir tahun pembelajaran yang dilaksanakan antara lain : Mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pembelajaran dalam 1 tahun pembelajaran, membuat laporan akhir tahun pembelajaran, mengadakan acara tutup pembelajaran anak yang akan melanjutkan ke sekolah dasar, menerbitkan surat keterangan bagi anak yang telah menyelesaikan pendidikan di taman kanak-kanak Aisyah I Cabang Sungguminasa, membentuk panitia penerimaan anak didik baru, melaksanakan kegiatan penerimaan anak didik baru sesuai pedoman penerimaan anak didik baru oleh Dirjen PAUD, membuat surat keterangan pembagian tugas guru dan merevisi program pembelajaran anak didik oleh guru.
Hasil observasi ini sesuai dengan yang dikatakan oleh guru di TK Bustanul Athfal dalam catatan wawancara

Jadwal Kegiatan Belajar
Jadwal kegiatan belajar adalah pembagian waktu kegiatan belajar yang dilakukan oleh suatu sekolah dalam setiap harinya sesuai dengan perencanaan kegiatan dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya agar pembelajaran berlangsung dengan sistematis dan tepat waktu.
Jadwal kegiatan belajar di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa, meliputi:
Sebelum anak didik masuk kedalam kelas terlebih dahulu mereka berbaris
didepan kelas dan masuk kedalam kelas pada pukul 07:30.
Melakukan kegiatan pembelajaran dimana kegiatan pembelajaran ini terdiri dari Kegiatan awal, kegiatan inti dan Kegiatan akhir sesuai yang tercantum dalam RPPH.
Kegiatan rutin yang dilakukan yaitu hari senin sampai dengan hari kamis kecuali dilakukan kegiatan IQRA, (aisyiyah muhammadiyah) mempelajari tentang Aisyiyah, hafalan do’a harian atau surah pendek sepulang sekolah.
Hasil observasi ini sesuai dengan yang dikatakan oleh guru di TK Bustanul Athfal dalam catatan wawancara
Perencanaan Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Program Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Program Harian (RPPH).
Perencanaan Program semester adalah rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran dalam satu semester yang nantinya akan dijabarkan menjadi RPPM. Rencana pelaksanaan program mingguan adalah rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran dalam satu minggu yang disusun sebelum pelaksanaan pembelajaran yang menjadi panduan guru atau pendidik dalam melakukan proses belajar mengajsar dalam seminggu yang nantinya akan dijabarkan menjadi RPPH. Rencana pelaksanaan program harian adalah rencana kegiatan pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari yang disusun sebelum pelaksanaan pembelajaran yang menjadi panduan guru atau pendidik dalam melakukan proses belajar mengajar.
Hasil dokumentasi rencana pelaksanaan pembelajaran di TK Aisyiyah 1 Cabang Sungguminasa dapat diidentifikasi sebagai berikut:
Program semester yang digunakan  terdiri dari program pengembangan, kompetensi dasar, tema, sub tema dan alokasi waktu
Rencana pelaksanaan program mingguan menggunakan model format kolom identitas program, kolom kompetensi dasar, materi pembelajaran dan rencana kegiatan.
Rencana pelaksanaan program harian terdiri dari identitas program, materi dalam kegiatan, alat dan bahan, pembukaan, inti, dan penutup.
Pengaturan Tahun Ajaran Baru
Pengaturan tahun ajaran baru adalah kegiatan setiap awal tahun yang
didalamnya terdapat beberapa kegiatan pada awal tahun ajaran baru seperti penerimaan siswa baru. Tahun ajaran baru merupakan waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada setiap satuan pendidikans
Pengaturan pelaksanaan program kegiatan belajar di TK Bustanul Athfal Aisyiyah, yaitu :
Penerimaan peserta didik baru dan pengambilan formulir dimulai pada bulan maret
Pengembalian formulir 1 minggu setelah pengambilan formulir.
pada bulan juni diberikan baju seragam dan pembagian kelas menurut usia

Pengaturan Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar Mengajar
Pengaturan pelaksanaan program kegiatan belajar adalah aturan yang
berlaku selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Hal ini dilakukan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan efisien sehingga memudahkan seorang guru mengelola kegiatan belajar mengajar.
Pengaturan pelaksanaan program kegiatan belajar di TK Bustanul Athfal Aisyiyah, yaitu :
Anak Didik TK Aisyiyah berada di halaman pada pukul 07.30 WITA
Jadwal kegiatan pembelajaran dimulai 07.45 sampai dengan 11.15 WITA
Pengantar anak didik sebelum berada di  sekolah 5 menit sebelum pulang sekolah
Pada hari senin dan selasa anak didik memakai seragam batik, hari rabu dan sabtu pakaian olahraga, sedangkan hari kamis dan jum’at memakai pakaian muslim.

Evaluasi pelaksanaan program
Evaluasi pelaksanaan program adalah Suatu kegiatan yang di lakukan oleh para guru atau pendidik untuk menilai anak didiknya berdasarkan kemampuan yang di miliki anak didiknya, bentuk penilaian atau pelaporan dalam bentuk sebuah narasi yang di tulis dalam buku rapor yang berisikan tentang aspek-aspek perkembangan pada anak didik.
Bentuk evaluasi pelaksanaan program di TK Aisyiyah 1 Sungguminasa antara lain  :
Penilaian harian
Penilaian bulanan


Bimbingan dan penyuluhan
Bimbingan dan penyuluhan adalah proses pemberian bantuan (psikologis) baik secara langsung maupun tidak langsung mengoptimalkan perkembangan individu mengenai permasalahan yang dihadapi baik orang tua maupun anak didik itu sendiri. Tujuan dari bimbingan dan penyuluhan adalah untuk mengetahui masalah yang dihadapi anak dan cara mengatasinya.
Bimbingan dan penyuluhan di TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa, yaitu
Bimbingan bagi anak didik berupa pendekatan individual atau kelompok
Bimbingan bagi orang tua dilakukan dengan diadakannya rapat antara guru dan orang tua anak didik membhas mengenai program kegiatan belajar ataupun masalah yang terjadi pada anak.
Penyuluhan tentang kesehatan dan gizi dari Puskesmas yang diadakan setiap semester
Penyuluhan tentang parenting

Penutupan Tahun Ajaran Baru
Penutupan tahun ajaran baru adalah kegiatan yang dilakukan setiap tahun kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan pihak sekolah serta mengetahui akhir dari hasil pengajaran guru kepada anak didik serta akan ditamatkan oleh pihak sekolah.
Penutupan tahun ajaran baru di TK aisyiyah 1 cabang Sungguminasa antara lain
Sekolah mengadakan pembentukan panitia penamatan,
mengadakan rapat dengan orang tua mengenai acara penamatan
pelaksanaan penamatan yang dilakukan berupa pagelaran seni, peamatan karya wisata ditempat rekreasi.
BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Manajemen Program kegiatan belajar di TK Aisyiyah  1 Cabang
Sungguminasa kurikulum yang tersusun dan terencana, Program garis besar, kegiatan, pengaturan tahun ajaran baru, jadwal belajar, pengaturan tahun ajaran baru, perencanaan pembelajaran, pengaturan pelaksanaan program, penutupan tahun ajaran baru serta evaluasi dalam pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar. Program garis besar dijabarkan mengeai program apa saja yang dilakukan dalam satu tahun periode, pengaturan tahun ajaran baru dijelaskan pengaturannya dengan detail, setelah melakukan perencanaan dilakukan pengaturan pelaksanaan setelah itu dilakukan evaluasi dari program kegiatan belajar sehingga dari pengelolaan kegiatan belajar tersusun dengan baik


Saran
Saran yang kami berikan yaitu pemberian program ekstrakulikuler yang meningkatkan kreativitas anak bagi anak didik sehingga anak didik dapat mengembangkan kemampuannya sesuai tahap perkembangan anak. Pengaturan pelaksanaan program kegiatan yang diatur dan dikelola dengan baik .



















LAMPIRAN







Lampiran 1. Catatan Wawancara

CW-01 (Rabu, 02 Maret 2016 pukul 11.00 WITA)
M   : Apa saja Program Garis-Garis Besar Kegiatan Belajar mengajar yang ada di sekolah ini bu’ ?
G    : oh, Garis besar program di TK yang ini mi,, ( menunjuk kearah dinding )
ada kegiatan awal tahun, kegiatan bulanan, kegiatan mingguan, kegiatan, harian, kegiatan pembelajaran dan akhir tahun pelajaran. Kalau di awal tahun pelajaran itu, pembagian anak menurut kelompok usia, menyusun daftar kelompok A yang pindah ke kelompok B, pembagian tugas guru, pembagian buku administrasi kepala PAUD, mengatur pengisian administrasi guru, penyusunan program kegiatan tahunan, mengusulkan kesejahteraan guru.
M    : Kalau kegiatan bulanan ta’ bu’?
G : Kalau kegiatan bulanan itu dilakukan setiap bulan seperti melaksanakan pencacatan data anak pada guru administrasi anak didik oleh guru kelas, mengadakan penilaian terhadap perkembangan anak yang dilaksanakan oleh guru kelas. Kegiatannya setiap minggu  upacara bendera ki setiap hari senin, diperiksa rencana kegiatan mingguan (RKM) yang dibuat guru dan supervisi kelas. Kalo kegiatan hariannya dsini itu memeriksa rencana kegiatan harian (RKH) yang dibuat guru,  memeriksa penilaian harian terhadap perkembangan anak, mengawasi dan memecahkan masalah yang terjadi di PAUD selama 1 hari.
CW-02 (Rabu, 02 Maret 2016 pukul 11.00 WITA)
M Bagaimana jadwal kegitan belajarnya disini bu’?
G jadwal kegiatannya disini, anak masuk jam 07.30 berbariski dulu sebelum masuk dikelas, berbaris sambil menyanyi, lagunya itu lonceng berbunyi, mars PAUD, mars TK Aisyiyah, do’a sebelum masuk kelas.
M berapa menit itu baris bu’?
G bariski iyu sekitar 15 menit jadi 07.30 sampainya jam 07.45 sudah itu masukmi dikelas mengikuti kegiatan pembuka, inti, Istirahat, makan, penutup sampai jam 10.15 dan sudah itu kalau hari senin sampai kamis pulang sampai jam 11.00 karena ada kegiatan membaca al-quran metode iqra dan membaca do’a-do’a harian atau surah pendek. tapi kalo hari jum’at dan sabtunya itu cepat pulang, jam 10.15 itu pulangmi anak-anak.
M ada diadakan les bu’?
G kalau sekolah ini tidak ada lesnya de’

CW-03 (Rabu, 02 Maret 2016 pukul 11.00 WITA)
M Bu, bagaimana pengaturan pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar ta’ ?
G Anak-anak  TK Aisyiyah ada mi  di halaman sekolah jam 07.30, jadwal kegiatan pembelajaran itu  dimulai 07.45 sampai dengan 11.15, Pengantar anak didik a di  sekolah 5 menit sebelum pulang sekolah supaya tidak lama menunggu anak-anak toh, kalau  hari senin dan selasa anak didik memakai seragam batik, hari rabu dan sabtu pakaian olahraga, sedangkan hari kamis dan jum’at memakai pakaian muslim.

CW-04 (Rabu, 02 Maret 2016 pukul 11.00 WITA)
M biasa ada diadakan bimbingan atau penyuluhan di TK ini bu’?
G iye, ada.
M bimbingan seperti apa itu bu’ dan untuk siapa?
G Bimbingan untuk anak anak didik berupa pendekatan individual misalnya
Dikasih nasehat, atau dikasih juga bimbingan  kelompok. Bimbingan untuk orang tua  itu biasa dilakukan rapat antara guru dan orang tua yang dibahas itu tentang masalah apa yang terjadi sama anak dan kita selesaikanmi sama-sama, apa saja yang na pelajari . ada juga penyuluhan Penyuluhan tentang kesehatan dan gizi dari Puskesmas yang diadakan setiap semester ,penyuluhan tentang parenting untuk orang tua

CW-05 (Rabu, 02 Maret 2016 pukul 11.00 WITA)
M bagaimana penutupan akhir tahun ta di sekolah ini bu’, kan biasanya itu ada penamatan
G kalau acara tutup tahun itu diadakan memang penamatan tapi dibentuk dulu panitianya supaya penamatannya berjalan lancer dan teraturki, sudah itu diadakan mi rapat sama orangtuanya dibicarakan dimana mau diadakan penamatannya sama biayanya berapa karena itu dilaksanakan juga dari kesepakatan orang tuanya, penamatannya itu ada pagelaran seni, biasa diadakan di gedung hj bate, atau kunjungan karya wisata itu di tempat rekreasi



















Lampiran 2. Hasil Dokumentasi



Gambar 01. Pada saat wawancara dengan kepala sekolah Tk aisyiyah 1 sungguminasa


Gambar 02. Ruangan kelas TK Aisyiyah 1 Sungguminasa.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.