Skip to main content

Hasil observasi manajemen kepegawaian lembaga PAUD

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Manajemen berasal dari kata to manage yang berarti mengelola, memimpin atau mengarahkan. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusai dan sumber daya lainnya. Manajemen pendidikan dapat dikatan sebagai suatu proses untuk mengkordinasikan berbagai sember daya pendidikan, seperti guru, sarana dan prasarana pendidikan untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan.
Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya mengelola, mengatur atau mengarahkan proses interaksi antara anak didik dengan guru serta lingkungan secara sistematis, taratur dan terencana untuk mencapai tujuan Pendidikan Anak Usia dini. Pengaturan dan pengelolaan diharapkan setiap instansi atau lembaga termasuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sistem pendidikan dapat dikatakan efektif apabila program kegiatan belajar yang berlangsung didalamnya berfungsi dengan baik dan mencapai tujuan institusionalnya yaitu membantu anak dalam meletakkan dasar kearah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
Adapun ruang lingkup dari Manajemen di lembaga pendidikan anak usia dini salah satunya adalah manajemen kepegawaian. Manajemen kepegawaian adalah proses kerjasama dalam menyelesaikan masalah pegawai dalam rangka mencapai tujuan pendidikan  dilakukan di TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa.

Rumusan Masalah
Bagaimana perencanaan pegawai di TK Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana  pengadaan pegawai di  TK Aisiyah 1  Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pengangkatan pegawai di TK Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pembagian tugas pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Apa saja bentuk pengembangan pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pengurusan kenaikan pangkat di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pengurusan perpindahan pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Bagaimana pemberhentian pegawai TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.

Tujuan
Observasi yang penulis lakukan ini memiliki beberapa tujuan antara lain :
Untuk mengetahui perencanaan pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui pengadaan pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui pengangkatan pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa
Untuk mengetahui pembagian tugas pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui bentuk pengembangan pegawai TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui evaluasi pengurusan kenaikan pangkat di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui pengurusan perpindahan pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.
Untuk mengetahui pemberhentian pegawai di TK  Aisiyah 1 Cabang Sungguminasa.


























BAB II
HASIL OBSERVASI

Perencanaan Pegawai
Perencanaan pegawai adalah suatu kegiatan kepegawaian yang dilakukan untuk merencanakan pegawai yang akan bekerja dalam suatu lembaga pendidikan anak usia dini yang dimaksudkan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada di lembaga sehingga untuk mengatasi kekurangan tersebut dilakukan kegiatan perencenaan pegawai sebagai berikut
Menetapkan beban kerja (tugas) lembaga
Penetapan beban kerja adalah kegiatan yang dilakukan dan harus direncanakan sebelum mengangkat pegawai karena harus melihat dan tahu pekerjaan apa yang harus dilakukan sehingga dapat mengetahui penetapan masalah apa yang harus dikerjakan pada lembaga.
Beban kerja yang ditetapkan TK Aisyiyah 1 Cabang Sungguminasa yaitu melakukan SK tugas pokok pegawai. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut

Penetapan kapasitas kerja pegawai
penetapan kapasitas kerja adalah kegiatan yang harus dilakukan untuk menetukan suatu kapasitas dari pekerjaan yang dilakukan seperti dengan menetukan jumlah orang dan jumlah jam kerja dalam pekerjaan orang tersebut di lembaga pendidikan anak usia dini yang dilihat dari tingkat pekerjaannya sehingga dapat mengetahui berapa orang dan berpa jam kerja dari masing-masing orang tersebut.
Hasil observasi menunjukkan bahwa penetapan kapasitas beban kerja di TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa disesuaikan dengan aturan dinas yaitu minimal 6 hari kerja maksimal 30 jam untuk guru dan 24 jam bagi kepala  sekolah.
Menginventarisasi pegawai yang ada
Inventarisasi pegawai yang ada adalah kegiatan yang dilakukan daam administrasi pegawai untuk melihat apakah ada yang dapat melakukan suatu tugas tertentu yang telahh ditetapkan sebelumnya di dalam lembaga pendidikan anak usia dini dan akan diidentifikasi oleh orang yang berpengalaman.
Inventarisasi yang dilakukan di TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa terdapat dalam buku daftar guru dan karyawan yang terdiri dari nama pegawai, Nomor induk pegawai, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, ijazah, alamat, tanggal mulai bertugas, agama, pangkat golongan serta keterangan mengenai perpindahan pegawai. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut.
menetapkan jumlah dan jenis pegawai yang dibutuhkan
penetapan jumlah dan jenis pegawai yang dibutuhkan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak jumlah orang yang akan diterima dalam lembaga pendidikan anak usia dini sesuai denga pegawai yang dibutuhkan serta untuk menetapkan jumlah pegawai yang diinginkan dan jenis pekerjaan apa yang dibutuhkan di lembaga tersebut.
Penetapan jumlah dan jenis pegawai yang ada di TK Aisyiyah 1 Cabang sungguminasa berdasarkan kebutuhan di TK tersebut yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas sebanyak 9 orang dan satu petugas kebersihan. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut
 
Pengadaan Pegawai
Pengadaan pegawai adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini di dalam administrasi kepegawaian untuk melihat hal-hal apa saja yang perlu disiapkan untuk mendukung pengadaan kepegawaian disuatu lembaga dengan mengumpulkan data dan mencari calon pegawai yang cocok bekerja dalam lembaga tersebut yang dilakukan, yaitu


Persiapan Pengadaan pegawai
Persiapan adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyiapkan hal yang dibutuhkan dalam menyiapkan data sebagai persiapan pengadaan pegawai seperti persiapan yang dilakukan oleh negeri atau pemerintah diadakan CPNS (calon pegawai negeri sipil)  dan swasta persiapannya dilakukan oleh kepala yayasan pendidikan anak usia dini di sekolah tersebut untuk menyiapkan pengadaan pegawai.
tenaga pendidik di TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa melukan persiapan seperti menetapkan persyaratan apa saja yang diperlukan. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut .
Penyebaran pengumuman penerimaan pegawai baru
Penyebaran informasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan menyampaikan atau memberikan informasi ke masyarakat luas tentang adanya pengadaan pegawai yang dilakukan oleh suatu lembaga. Penyebaran informasi ini dapat dilakukan dengan memberikan informasi melalui media cetak seperti membuat spanduk, baliho, brosur atau berupa media lisan seperti pemberitahuan informasi melalui teman ke teman.
Penyebaran informasi yang dilakukan di TK Asyiyah 1 Cabang Sungguminasa berupa pemberitahuan informasi melalui teman ke teman dengan memberitahukan persyaratan seperti kualifikasi S1 PAUD. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut
Penerimaan lamaran pegawai baru
Penerimaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini dalam administrasi kepegawaian yang dilakukan untuk memberikan informasi kepada calon pegawai yang akan mendaftar tentang penerimaan yang dilakukan oleh lembaga. Penerimaan dilakukan dengan berbagai macam misalnya penerimaan dengan menyampaikan dan menampilkan suatu berkas dengan format yang telah ditentukan oleh lembaga tersebut.
Penerimaan yang dilakukan di TK Aisyiyah 1 canag Sungguminasa yaitu membawa berkas lamaran, daftar riwayat hidup, ijazah terakhir, foto, serta berkas pendukung lainnya. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut.

Seleksi pelamar
Seleksi adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan anak usia dini yang bertujuan untuk menyeleksi atau melihat calon pegawai yang akan diterima untuk mendapatkan suatu pekerjaan tertentu agar dapat menjalankan pekerjaannya dengan baik sesuai dengan kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya.
Seleksi penerimaan tenaga pendidik yang dilakukan oleh TK Aisyiyah 1 Cabang Sungguminasa berupa seleksi berkas dan melakukan wawancara mengenai kualifikasi. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut
Pengangkatan Pegawai
Pengangkatan pegawai adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk melakukan pengangkatan yang biasanya pengangkatan ini terbagi atas dua yaitu pengangkatan oleh Negara dan pengangkatan oleh swasta. Pengangkatan ini bertujuan untuk menetapkan secara tertulis pegawai yang diterima yang ditandai dengan surat keputusan secara resmi tentang pengangkatan tersebut.
Pengangkatan pegawai di TK aisyiyah akan mengeluarkan SK honor setelah guru honor mengabdi selama 1 tahun. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut.
Pembagian Tugas
Pembagian tugas adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk memberikan tugas kepada pegawai yang telah diterima dan diangkat secara resmi yang dilihat dari hasil kemampuan dan keterampilannya melalui proses seleksi yang teah dilakukan sehingga pegawai dapat menjalankan pekerjaan dengan baik untuk memperlancar setiap kegiatan yang dilakukan oleh lembaga.
Pembagian Tugas pegawai di TK Aisyiyah berdasarkan tugas pokok sesuai dengan tugas guru yaitu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi atau melakukan penilaian terhadap perkembangan anak. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut
Pengembangan Pegawai
Pembinaan atau pengembangan tenaga pendidik merupakan usaha memajukan dan meningkatkan produktivitas kerja setiap pegawai yang ada. Tujuan dari pembinaan ini adalah tumbuhnya kemampuan setiap pegawai untuk memberikan kesempatan melakukan pengembangan diri dalam menekuni pekerjaannya.
Pengembangan kemampuan tenaga pendidik, pihak TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa mengikutsertakan pendidik pada seminar, workshop, dan lain sebagainya. Selain itu, pendidik bergabung dalam Ikatan Guru Penulis. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di TK tersebut. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa TK Aisyiyah 1 cabang Sungguminasa melakukan pembinaan kepada tenaga pendidik untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilannya serta meingkatkan kompetensi yang dimiliki oleh pegawai atau tenaga pendidik.
Pengurusan Kenaikan Pangkat
Pengurusan kenaikan pangkat adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk menjalani jenjang penigkatan tingkat pegawai dengan mengajukan beberapa berkas tertentu yang bertujuan untuk memberikan pelayanan jenjang karir terhadap seorang pegawai negri sipil untuk menaikkan pangkatnya dan hanya dapat dilakukan oleh pegawai negeri sipil.
Pengurusan kenaikan pangkat yang dilakukan di TK Aisyiyah yaitu dalam kenaikan pangkat guru harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan seperti SK terakhir, daftar penilaian kinerja dan daftar urut penilaian angka kredit. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut
Pengurusan Perpindahan Pegawai
Perpindahan pegawai adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk melakukan perpindahan yang terjadi karena beberapa hal yang mengharuskan adanya perpindahan.
Mutasi pegawai
Mutasi adalah perpindahan pegawai tidak memilliki perubahan terhadap jabatannya. Misalnya,pegawai tersebut memiliki jabatan sebagai guru kelas A yang kemudian dipindahkan dengan jabatan tetap sebagai guru kelas B. hal ini dilakukan untuk memberikan penyegaran terhadap pegawai agar tidak jenuh dengan kegiatannya dengan memberikan suasana yang berbeda.
Promosi pegawai
Promosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk melakukan suatu perpindahan pegawai yang mengalami perubahan peningkatan jabatan yang lebih tinggi. Misalnya, pegawai yang sebelumnya hanya sebagai guru kemudian diangkat sebagi kepala sekolah .
Demosi pegawai
Demosi adalah kegiatan yang dilakukan oleh lembaga pendidikan anak usia dini untuk melakukan suatu perpindahan pegawai yang mengalami perubahan jabatan yang lebih rendah dari sebelumnya. Misalnya, kepala sekolah kemudian menjadi guru kelas.
Pengurusan perpindahan pegawai di TK Aisyiyah pernah melakukan mutasi dan kelengkapan berkas seperti SK pegawai, penilaian kinerja dan surat permohonan. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut
Pemberhentian Pegawai.
Pemberhentian pegawai merupakan proses yang membuat seseorang atau  pegawai tidak dapat lagi melaksanakan tugas pekerjaan atau fungsi jabatannya baik untuk sementara waktu ataupun selama-lamanya. Pemberhentian pegawai didasari oleh berbagai macam hal seperti pensiun, pemberhentian atas kemamuan sendiri, dan pemberhentian karena meninggal dunia.
Pemberhentian pegawai yang di TK Asyiyah ada yang berhenti karena permohonan sendiri dan pemberhentian karena pegawai yang meninggal dunia. Hasil observasi tersebut sesuai dengan catatan wawancara yang dilakukan di  TK  tersebut









BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan hasil observasi yang telah diuraikan dapat disimpulkan bahwa manajemen kepegawaian yang dilakukan di TK Aisyiyah 1 cabang sungguminasa mulai dari perencanaan pegawai, pengadaan pegawai,pengangkatan pegawai, pembagian tugas pegawai, pengembangan atau peningkatan kemampuan pegawai, pengurusan kenaikan pangkat perpindahan serta perpindahan di kelola dengan baik. Pegawai yang diterima di sekolah tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan dengan jumlah anak didik.

Saran
Saran kami sebagai penulis, pembagian tugas  pegawai yang sesuai dengan fungsinya seperti guru kelas melakukan fungsinya sebagai guru kelas sehingga fokus terhadap pekerjaannya jangan dibebankan lagi sebagai operator sekolah.














Catatan Wawancara

CW-01 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M        : bagaimana penetapan beban kerja yang ada di lembaga ini    bu’?
KS : penetapan beban kerja ada dalam SK tugas Pokok pegawai.
M : kalau penetapan kapasitas beban kerja bagaimana bu’?
KS : Kapasitas beban kerja sesuai aturan dinas yaitu 6 hari kerja, maksimal 30   jam untuk guru dan minimal 24 jam untuk kepala sekolah.
M : bagaimana peetapan jumlah dan jenis pegawainya?
KS : ditetapkan sesuai dengan jumlah peserta didik dan keadaan sekolah berapa dibutuhkan guru


CW-02 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M : bagaimana persiapan pengadaan pegawai di Tk Ini bu’?
KS : kami hanya menyiapkan apa saja yang dibutuhkan seperti penetapan persyaratan
M : bentuk penyebaran informasinya bagaimna bu’?
KS : bentuk penyebaran informasinya itu diinfrmasikan saja dari teman ke teman kalau di sekolah ini butuh pegawai atau guru dan diberitahu persaratannya seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, biodata, ijazah terakhir, foto, Ktp.
M : bentuk selesksinya bagaiman?
KS : kalau seleksi hanya dilakukan seleksi berkas apakah sudah sesuai dan wawancara mengeani kualifikasi dan kesesuaian berkas yang telah dikumpulkan
CW-03 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M : bagaimana dengan pengangkatan pegawainya?
 Guru honorer baru di beri SK honor setelah mengabdi selama 1 tahun

CW-04 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M : Bagaimana pembagian tugas di TK aisyiyah bu’
KS : Pembagian tugas berdarsarkan tugas pokok dan fungsi guru ada dalam    struktur organisasi
CW-05 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M :Apakah ada pengembangan untuk pegawai ?
KS :Ada, biasanya di ikutkan seminar, workshop, pernah juga diadakan studi banding dan mengikuti kegiatan ikatan guru penulis
CW-06 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M :Apa saja syarat kenaikan pangkat  untuk pegawai bu’?
KS :SK terakhir, surat pengantar, penilaian kinerja,
CW-07 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M :Apakah ada guru yang melakukan perpindahan ?
KS :Ada, ada yang dimutasi karena ikut suami
M :Kalau promosi dan demosi bu?
KS :Tidak pernah
CW-08 ( senin, 28 maret 2016 pukul 08.20 )
M : Ada yang pernah diberhentikan di sekolah ini bu’?
KS : Iya ada yang berhenti karena keinginan sendiri dan meninggal dunia.





 Gambar-01 struktur organisasi TK Aisyiyah 1 cang Sungguminasa



Gambar-02 buku daftar guru














Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.