Skip to main content

Rutinitas membaca buku bersama anak dan berbagai manfaatnya pada tumbuh kembang anak

sumber : cermin-dunia. github.io

Membaca buku bisa menjadi kesempatan untuk menyampaikan apa yang ingin diajarkan oleh orang tua. Memberikan anak pelajaran hidup akan lebih mudah dilakukan lewat membaca buku. Membacakan buku adalah cara menasihati anak yang lebih baik ketimbang menceramahinya.



Manfaat membacakan buku untuk anak sedini mungkin:

1. Membangun Koneksi Orang Tua dan Anak.

2. . Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas.

3. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi.


dengan mengulang membaca buku yang sama berkali-kali, justru akan mengembangkan lebih banyak kosakata


Membacakan buku juga akan membuat otak anak lebih aktif. Ini dipengaruhi pengolahan semantik atau kemampuan untuk mengerti makna dari kata-kata. Kinerja otak anak pada saat dibacakan buku dan ketika diperdengarkan cerita dari gawai nggak sama loh.

Selain itu seperti diketahui, anak akan mulai mempelajari semua suara agar bisa berbicara dalam bahasa ibu mereka sejak usia satu tahun. Artinya, semakin banyak cerita yang orang tua bacakan, akan semakin banyak pula kata yang didengar si kecil. Ini memungkinkan anak bisa mulai berbicara dengan lebih baik.


Tips lain yang bisa dilakukan saat membacakan buku adalah memeluk atau memangku sang anak. Ini akan memberikan perasaan nyaman dan terhubung. Selain itu, seperti telah disinggung di atas, bacakan buku dengan ekspresi, seperti dengan intonasi suara pada bagian yang sesuai, dan menggunakan suara berbeda untuk karakter berbeda.


Pada usia dini, otak manusia akan lebih mudah menyerap banyak informasi dari sekitar. Karena itu sudah seharusnya kita memanfaatkan momen tersebut untuk melatih banyak hal hebat bagi si kecil


4. Melatih kesabaran


Manfaat membacakan buku cerita untuk anak akan baik untuk ia belajar aneka jenis warna.

Ada Pesan Moral yang Disampaikan


Belajar Mendengarkan dengan Cermat


Teknik Membacakan Buku Anak


Biarkan Si Kecil Memilih

Perbanyak Koleksi Buku di Rumah


3. Ciptakan Suasana Nyaman


4. Jangan Paksakan Anak



Generos untuk nutrisi vitamin otak 
Anak 


Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Individual Peserta Didik

A.  Pengertian Individu Manusia adalah mahluk yang dapat dipandang dari berbagai sudut pandang . Sejak ratusan tahun sebelum Isa, manusia telah menjadi obyek filsafat, baik obyek formal yang mempersoalkan hakikat manusia maupun obyek material yang mempersoalkan manusia sebagai apa adanya manusia dengan berbagai kondisinya. Sebagaimana dikenal adanya manusia sebagai mahluk yang berpikir atau  homo sapiens, mahluk yang berbuat atau  homo faber, mahluk yang dapat dididik atau  homo educandum dan seterusnya. Dalam kamus Echols & Shadaly (1975), individu adalah kata benda dari individual yang berarti orang, perseorangan, dan oknum. Berdasarkan pengertian di atas dapat dibentuk suatu lingkungan untuk anak yang dapat merangsang perkembangan potensi-potensi yang dimilikinya dan akan membawa perubahan-perubahan apa saja yang diinginkan dalam kebiasaan dan sikap-sikapnya. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, manusia mempunyai kebutuhan-kebutuhan. Pada awal kehidupann

Permasalahan Pada Eksternal Hardware PC

No. Klasifikasi Masalah Identifikasi Masalah Diagnosa Masalah Penyelesaian Masalah 1. Printer · Selalu muncul warning di monitor ·   Periksa sumber listrik dan kabel power printer, bisa menggunakan test pen. · Perika colokan ke sumber listrik, apakah sudah terpasang dengan baik. · Mencetak tidak sesuai setting ·   Periksa kabel data yang di gunakan · ganti dengan kabel data yang lain · Print kertas double · Kertas menempel pada kertas yang lainnya · Rapikan kertas sebelum di masukkan kedalam printer 2. TV Tuner · Gambar tidak jelas · Sambungan ke TV tuner tidak rapat · Periksa sambungan · Tidak dapat menyipan ke memori ·   Memori tidak rapat · Rapatkan memori · Suara tidak ada · Kabel speaker putus · Sambung kabel

TOKOH PAUD

NO NAMA RANGKUMAN PENCAPAIAN 1 Jon amos Comenius (1592-1670) Pada 1631 menerbitkan the school of infancy yang berfokus pada tahun-tahun awal pendidikan seorang anak dan khususnya mengenai pendidikan oleh para ibu dirumah. Pada 1658 orbis sensualium bukuk bergambarnya yang pertama bagi anak-anak diterbitkan 2 Jean-jacques rousseau 1712-1778 Pada 1762 menerbitkan emile yang menjelaskan pandangannya tetang sistem pendidikan universal melalui pengalaman anak bernama emile. 3 J.H. Pestalozzi 1746-1827 Pada 1780 menerbitkan leonard and Gertrude: a book for the people yang memaparkan pandangan mengenai pendidikan sebagai pusat regenerasi sebuah komunitas. Dia menulis;sekolah betul-betul memerlukan hubungan yang sangat dekat dengan kehidupan rumah. Dia percaya bahwa para ibu harus cukup terdidik untuk meyngajar anak-anaknya di rumah.